Facing the Real Giant : Goliath !

ADSENSE HERE!
Goliat telah mati terbunuh oleh Daud tiga ribu tahun yang lalu. Tetapi ‘penampakan’ sang raksasa ini membuat saya jadi penasaran. Seberapa tinggi sih Goliat ini sebenarnya? Seberapa besarkah raksasa ini sampai-sampai dia mampu memesona kita saat ini dan di masa lalu dia seorang diri saja mampu membuat ciut dan keder ribuan tentara Saul termasuk Raja Saul sendiri.
Dalam 1 Samuel 17:4 dicatat tingginya Goliat dari Gat itu adalah enam hasta sejengkal. Tinggal dihitung saja, 1 hasta = 45 cm. Jadi tingginya Goliat 6 x 45 cm = 270 cm ditambah sejengkal. Jadi kira-kira hampir tiga meter tingginya. Apalagi kalau jengkalnya dipakai jengkalnya Goliat…..

(klik untuk memperbesar)

Para arkeolog menyelidiki bahwa tinggi tengkorak dari orang-orang masa Perjanjian Lama memiliki tinggi kurang dari 5 setengah kaki. Bayangkan hampir dua kali lipatnya. Daud diperkirakan tingginya adalah 5,2 kaki. Sebenarnya yang lebih tepat menghadapi Goliat adalah Saul karena dikatakan bahwa Saul dari bahu ke atas ia lebih tinggi dari pada setiap orang sebangsanya. Mungkin tingginya sekitar tujuh setengah kaki. Kalau jaman sekarang, kira-kira setara dengan Shaq. Tetapi masih ada kelebihan Saul lagi selain tingginya yaitu dia tampan. Dengan tinggi seperti itu, teorinya ya, seharusnya ia mampu mengimbangi tingginya Goliat dan bisa berhadapan dengan dia. Tetapi nyatanya Saul berhadapan saja tidak berani. Akhirnya tampilah Daud dengan tinggi yang standar tapi dengan gagah berani dia maju menantang Goliat dan akhirnya menang. Daud lalu menjelma menjadi pahlawan baru bagi Israel.

Tampaknya Daudlah yang menjadi perintis pembunuh raksasa. Dengan terobosan yang dilakukan Daud yaitu mampu mengalahkan sang raksasa Goliat maka raksasa-raksasa lainnya pun jadi ikut bertumbangan. Siapakah raksasa-raksasa lainnya itu?. Apakah mereka masih saling berkaitan satu dengan yang lainnya? Atau apakah mereka masih bersaudara? Benar sekali.

Sebenarnya ada empat raksasa dari Filistin yang segenerasi dengan Goliat bahkan ada yang merupakan saudara kembar Goliat, namanya Lahmi bukan Lasmi ya!Mereka adalah
1. Yizbi Benob, raksasa ini mati dibunuh oleh Abisai
2. Saf, dibunuh oleh Sibkhai orang Husa
3. Lahmi, dibinuh oleh Elhanan
4. tidak bernama (kasihan deh), dibunuh oleh Yonatan anak Simea, kakak Daud.

Selain para raksasa dari Filistin, ada lagi beberapa keturunan raksasa yang dikenal dan dicatat dalam Perjanjian Lama:

1. Anakim, keturunan dari Nefilim dalam kejadian 6:1-4
2. Orang Emim, digambarkan tingginya seperti orang Enak (Ul.2:4-10)
3. Orang Amori, digambarkan secara puitis bahwa tingginya seperti pohon aras dan kuat seperti pohon tarbantin Libanon (Amos 2:9).
4. Refaim (Yosua 12:4). Salah satunya adalah Og raja Basan. Bayangkan saking tingginya raksasa ini samapi-sampai ranjangnya dibuat dengan ukuran 9 hasta dan lebar 4 hasta. Jelasnya panjangnya 4 meter dan lebarnya 1,8 meter. Inilah ranjang raksasa dan bisa masuk rekor dunia nih!
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Komen dong, tapi yang sopan dan tidak spam ya

Arsip Blog

Copyright © Spesial Unik. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design