Kebenaran Meninggikan Derajat Bangsa

ADSENSE HERE!

    Amsal 14: 33 Hikmat tinggal di dalam hati orang yang berpengertian, tetapi tidak dikenal di dalam hati orang bebal. Amsal 14: 34 Kebenaran meninggikan derajat bangsa, tetapi dosa adalah noda bangsa.

     Ada suatu ungkapan yang mengatakan bahwa "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya". Dalam konteks masa kini kayaknya ungkapan yang paling relevan adalah: "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menjunjung tinggi kebenaran". Kebesaran suatu bangsa bukanlah terletak pada seberapa maju teknologinya atau seberapa besar armadanya tetapi kebesaran suatu bangsa terletak pada bagaimana bangsa itu mulai dari pemimpin sampai rakyatnya menegakkan dan menjunjung kebenaran. Mungkin terlalu idealis tetapi hikmat Salomo menyatakan dengan jelas bahwa kebenaranlah yang meninggikan derajat bangsa, bukan yang lain! Terjemahan lain memakai istilah keadilan dan kebaikan. Kalau kebenaran, keadilan dan kebaikan sungguh-sungguh diupayakan maka noda atau aib itu tidak akan membesar dan menjalar. Tapi kalau dibiarkan maka noda itu akan semakin mencoreng dan membuat carut marut  wajah bangsa, mau dibawa ke mana muka bangsa seperti ini? Ke laut aja kali sambil nyanyi, nenek moyangku orang pelaut, ha ha
     Dalam tulisannya, Amsal suka membandingkan antara orang yang bijaksana dengan orang yang bodoh atau bebal. Orang bodoh dalam Amsal bukanlah bodoh secara knowledge, mereka justru pintar dan punya pengetahuan tetapi hati mereka bebal. Bebal berarti mereka sudah tumpul terhadap kebenaran. Mereka jelas tahu tapi hati mereka sudah tidak peka dan mereka meremehkan kebenaran. Ini kata Amsal merupakan aib atau noda bangsa. Berawal dari kebebalan maka hal ini akan merusak dan menodai kehidupan bangsa. Kebebalan membuat orang akan memutarbalikkan kebenaran dan keadilan bahkan menjungkirkannya. Awas...
      Sebagai bangsa yang besar secara geografis dan dari jumlah penduduk maka amatlah ironis kalau saat ini kita mengalami degradasi kebenaran yang terlihat dari penyelesaian kasus-kasus kelas kakap dan masih terus berlarut.  Ketidakpuasan terhadap penegakan hukum dan keadilan mulai didigemakan secara vokal. Masalah di negara kita memang sangat kompleks dan sulit diurai dari dulu ampe sekarang. Krisis integritas, hilangnya kepercayaan dan terlebih lagi kebenaran di tingkat elit. Kebenarannya, mana? mana? Hikmat Salomo menegaskan bahwa hanya kebenaranlah yang meninggikan derajat bangsa. Derajat bangsa kita saat ini mengalami degradasi dan semakin tercoreng karena ulah dari orang-orang yang merekayasa fakta dan memutarbalikkan kebenaran. Esensi dari semua kompleksitas masalah di negara kita adalah berakar dari pudarnya kebenaran digantikan oleh berbagai tipu daya dan sandiwara.
     Kebenaran menjadi  barang langka saat ini, dikalahkan oleh berbagai rupa-rupa rekayasa dan pemutarbalikan keadilan dan hukum. Hukum dan keadilan saat ini menjadi komoditas yang bisa diperjualbelikan, bisa ditawar-tawar dan dinegosiasikan. Moto atau semboyan,"Mengembalikan derajat bangsa" tampaknya hanya menjadi slogan tanpa makna atau retorika politik saja kalau tidak disertai kesungguh-sungguhan untuk melaksanakannya secara konsisten. 

      Saya cuma mikir, bangsa kita saat ini sebenarnya membutuhkan pahlawan-pahlawan di tingkat atas yang berjuang membela kebenaran dan lebih tajam lagi yaitu figur pemimpin yang berani membela kebenaran.  Pahlawan kebenaran yang berada di bawahnya harus berjuang dengan susah payah dan karena itu membutuhkan dukunghan dari atas. Pemimpin yang dirindukan adalah pemimpin yang mampu meretas benang kusut rekayasa dan berbagai mafia yang terus bergentanyangan karena tak pernah terungkap.  Bangsa kita saat ini membutuhkan pahlawan-pahlawan model seperti ini. Jelas figur ini harus berasal dari atas (maksudnya dari pimpinan di negara ini) sehingga bisa menjadi teladan dan mampu melindungi pejuang-pejuang kebenaran yang kecil. Masalahnya kalau pejuang-pejuang kebenaran seperti cicak tidak dinaungi lalu mereka akan dinaungi siapa?
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Komen dong, tapi yang sopan dan tidak spam ya

Copyright © Spesial Unik. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design