Kalau Tuhan bilang : "Kamu Tak Gendong"

ADSENSE HERE!

Refleksi dari Yesaya 46: 4

Masa sih Tuhan bilang seperti itu? Atau, masa sih ada ungkapan kayak gitu. Yesaya 46:4 mengatakan demikian: "Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu". Penekanan yang muncul dari ungkapan Aku menggendongmu ini sangat menarik dan unik untuk dilihat.

Ketika Tuhan berbicara : Tak gendong kamu, di sini Tuhan hendak menyatakan bahwa Dia mengasihi kita. Menggendong adalah ekspresi kasih yang dalam. Bagaikan ibu yang penuh kasih menggendong anaknya, Tuhan dengan kasih setianya menggendong kita. Ingat, waktu kita kecil dan tak berdaya, ibu kita pasti akan menggendong kita ... Demikian pula Tuhan memperlakukan kita lebih lagi. Dia Allah yang penuh perhatian, penuh kasih. Perhatian Tuhan dinyatakan tidak saja dengan kata-kata tetapi dengan tindakan. Betapa indah dan menjadi suatu penghiburan ketika kita bangun di pagi hari dan kita tahu bahwa kita dikasihi oleh Tuhan. Ya sepanjang malam pekat saat kita istirahat dan kita tidak menyadari diri kita, ingatlah bahwa Tuhan menjaga dan menggendong kita. Artinya Dia menjaga dan memperhatikan kita dengan kasih-Nya.

Ketika Tuhan bilang : Tak gendong kamu artinya Tuhan tahu kelemahan dan keterbatasan kita. Tuhan tahu betapa kita lemah dan tak bisa menanggung semua beban dan persoalan hidup ini. Tuhan tidak membebani kita seperti dewa-dewa Babel yang justru menjadi beban berat dan harus diangkut oleh lembu dan manusia. Tuhanlah yang menanggung segala beban kita. Dia tidak pernah kenal lelah dalam menopang hidup kita. Dia Allah yan berkuasa dan sanggup memberi kita jalan keluar. Bagi Dia tak ada yang mustahil, Dia pasti akan selalu menyediakan pertolongan bagi kita melewati berbagai lika-liku perjalanan hidup. Bahkan saat menghadapi tantangan, Dia selalu bersama kita. Dan Tuhan tidak pernah mengeluh walau kita sering membebani Tuhan, tetapi Tuhan selalu mengasihi dan memegang hidup kita. Tuhan mau kita mengandalkan-Nya dan percaya bahwa Dia mendukung dan menopang hidup kita. Apalagi dalam menghadapi kesendirian, Tuhan sesungguhnya mendampingi dan menggendong kita saat kita tak mampu berjalan. Bahkan di dalam lembah kekelaman, lembah kegelapan dan air mata ada Tuhan yang mendampingi dan menopang kita.
Ingat kisah terkenal Footprints ? Ketika dia melihat jejak langkah di pasir hanya sepasang saja padahal tadinya dua pasang jejak kaki. Dia protes dan bertanya kepada Tuhan, Tuhan mengapa engkau meninggalkan aku? Tuhan berbisik, "Anakku yang Kukasihi
Aku mencintai kamu dan takkan meninggalkan kamu
Pada saat sulit dan penuh bahaya sekalipun.
Ketika kamu melihat hanya ada satu pasang jejak ,
ltu adalah ketika Aku menggendong kamu."


Ketka Tuhan bilang : Tak gendong kamu terus, artinya dengan kesetiaan dan kasih-Nya maka Dia akan ‘terus’ secara konsisten membawa kita sampai usia tua dan putih rambut kita. Ini menjadi jaminan bagi masa depan kita. Kita nggak perlu takut hadapi masa depan dan hari tua kita. Banyak orang yang takut menghadapi hari tua atau masa depan. Ingatlah Tuhan selalu mendampingi dan menyertaimu. Dia tak akan melepaskan atau mencampakkkan kita sampai kita beruban, kesetiaan dan kasih-Nya tak pernah berubah. Manusa bisa berubah setia dan cinta manusia bisa pudar seiring waktu tetapi cinta Tuhan kepada kita tak pernah berubah. Sekalipun kita meninggalkannya, dengan kasih-Nya Dia menarik kita kembali untuk kembali ke pangkuan-Nya.

Ketika Tuhan bilang : Tak gendong kamu artinya Tuhan mau mengangkat hidup kita. Kata menanggung kamu juga berarti to lift up, exalt, support. Seringkali kita merasa beban dan pergumulan menekan kita dan membuat kita jatuh. Atau kita merasa kondisi kita terpuruk dan rasanya sulit untuk bangkit dan melangkah kembali. Tetapi Tuhan mau mengangkat kita bahkan mau meninggikan kita. Tuhan berkuasa untuk membuat kita bangkit, dan meninggikan kita dengan cara dan kuasa-Nya. Ini menjadi penghiburan bagi kita bahwa kejatuhan dan kegagalan bukanlah suatu akhir. Ada Tuhan yang sanggup mengangkat kita dari keterpurukan dan membuat kita kembali dipulihkan. Tuhan akan meninggikan kita, meninggikan karir, pencapaian, sukses atau pelayanan kita. Hanya Dia yang sanggup melakukan semuanya itu.

Ketika Tuhan bilang : Tak gendong kamu artinya bahwa Tuhan sendirilah yang akan menyelamatkan hidup kita. Tuhan tidak hanya sanggup mengangkat beban hidup kita tetapi juga sanggup mengangkat dan menyelamatkan hidup kita. Dia tak hanya mengangkat dan menyelamatkan kita dari bahaya dunia ini tetapi Dia juga mampu menyelamatkan kita dari penghukman kekal. Kita tidak sanggup menyelamatkan diri kita sendiri. Orang lain juga tidak. Hanya Tuhan sendiri yang akan membawa dan menggendong kita sampai tuntas artinya sampai menyelamatkan hidup kita. Ini suatu karya agung Tuhan yang tuntas, berlanjut dan total. Karya Tuhan tidak pernah setengah-setengah. Dia tahu bahwa kita membutuhkan keselamatan maka Dia meraih dan mengangkat kita dengan keselamatan yang abadi. Keselamatan yang sifatnya permanen, kekal, bergaransi dan tak pernah berubah. Karena keselamatan itu datangnya dari Tuhan. Dan ingat, Tuhan tidak membebani kita untuk memperoleh keselamatan itu. Justru Tuhan yang menanggung semua beban dan dosa kita dan dengan kasih-Nya memberikan keselamatan itu dengan cuma-cuma bagi kita. Jadi mau nggak digendong sama Tuhan? Aku sih mau aja.
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Komen dong, tapi yang sopan dan tidak spam ya

Copyright © Spesial Unik. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design