6 Alasan Nge-Blog

ADSENSE HERE!
Mengapa Anda nge-blog? Jawaban atas pertanyaan ini bisa macem-macem. Ada yang pengen menyalurkan bakat nulis, nyari dolar, ngejar traffic, ajang narsis sampai sharing pengetahuan atau copy paste. Ada juga alasn lainnya misalnya biar nggak gaptek, atau tadinya cuma iseng akhirnya ketagihan (kecanduan apa bedanya ya?) dan biar eksis di dunia maya..
Pertanyaan yang lebih cocok sebenarnya adalah mengapa harus nge-blog? Bagi saya ngeblog itu unik, dan saya mencoba sambil berefleksi apa sih alasan ngeblog itul. Ada enam alasan mengapa harus ngeblog dan beberapa alasan mungkin sudah memotivasi kita ngeblog selama ini (poinnya saya ambil dari 6 reasons pastor should blog:: desiringGod.com).

Pertama…untuk menulis
Ya iyalah, menulis adalah untuk mengekspresikan pemikiran kita. Melalui menulis sebenarnya mempertajam pemikiran dan memperluas perspektif kita. Dan lewat tulisan pemikiran kita akan bertahan lama. Kita hidup di tengah budaya ngomong alias bicara dan tidak terbiasa menuliskan pemikiran kita. So, stop talking and start writing.


Kedua, untuk mengajar
Blog adalah tempat untuk berbagi ilmu sekaligus update ilmu. Dengan nge-blog sebenarnya orang akan belajar banyak hal yang berharga dan berguna dari kita. Sesuatu yang pada mulanya tidak diketahui dengan jelas tetapi lewat tulisan akan membuka wawasan orang lain, menambah wawsan dan pengetahuan yang baru. Nge-blog akan membuat orang mengerti dan memahami sesuatu serta akan menginspirasi orang untuk bertindak.

Ketiga, untuk merekomendasikan sesuatu
Melalui blog kita bisa merekomendasikan makanan yang enak, buku yang bagus, film yang bermutu, website yang menarik untuk dikunjungi. Blog adalah media global untuk memperkenalkan sesuatu yang baik dan berguna bagi orang lain. Bukan hanya restoran atau makanan enak yang kita bisa rekomendasikan tapi pada akhirnya kita bisa memperkenalkan Juruselamat kita yang baik.

Keempat, media interaksi
Melalui blog kita bisa berinteraksi dengan pengunjung, membalas komentar mereka atau mendapatkan insight atau pandangan atau perspektif yang berbeda. Ini akan memperkaya pemahaman kita akan sesuatu dan memandang sesuatu dengan cara pandang yang lebih luas dan mendalam.

Kelima, untuk mengembangkan apa yang bermakna
Sebelum posting kita seharusnya bertanya, apakah ini pantas untuk diposting atau ditampilkan di blog? Apakah kita hanya berceloteh tanpa tujuan, meluapkan isi hati kita yang saat itu nggak jelas dan memaksa pembaca kita membaca tanpa mendapatkan apa-apa?
Kebiasaan nge-blog akan memupuk kebiasaan untuk mencari insight, hikmat atau inspirasi dan nilai-nilai di setiap situasi. Dengan belajar melihat hal-hal kecil yang bermakna maka akan memperkaya diri kita dan akan menjadi bermakna juga bagi orang lain.

Keenam, untuk dikenal
Dengan nge-blog orang akan mengenal diri atau pribadi kita. Melalui blog orang akan tahu tulisan-tulisan atau kreatifitas, pemikiran, cara pandang, cara berpikir dan hal-hal yang berhubungan dengan diri kita. Hal-hal seperti itu akan membuat kita semakin dikenal. Apalagi blog itu kan bisa diakses di seluruh dunia. Bayangkan kalau blog kita semakin bagus dan bermutu atau bermanfaat bagi pengunjung maka blog kita semakin dicari. Saat di search engine mereka akan mengetik atau men-search blog kita...Kalau tulisan-tulisan kita semakin menarik pasti dengan sendirinya akan mendongkrak popularitas blog kita (page rank blah blah blah).. Nah, ini dia : siapa tahu ada penerbit yang tertarik dengann tulisan Anda dan menawarkan tulisan Anda untuk dicetak?
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Komen dong, tapi yang sopan dan tidak spam ya

Arsip Blog

Copyright © Spesial Unik. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design