KEAJAIBAN MANUSIA

ADSENSE HERE!

Apa yang membuat anda takjub atau kagum? Apa yang kita bisa lihat dan katakan sebagai keajaiban? Kemajuan teknologi? Karya masterpiece dari para seniman? Penampilan seorang artis atau suara penyanyi yang menakjubkan? Ada sesuatu yang sering tidak kita sadari dan sebenarnya sangat menakjbkan dan justru itu ada dalam diri kita sendiri. Ya, diri kita.

Diri kita sebagai manusia adalah suatu keajaiban. Manusia itu adalah puncak ciptaan,”mahkota ciptaan” Allah yang melebihi makhluk lainnya. Semua ahli sepakat bahwa otak manusia dan sistem saraf adalah susunan paling kompleks dari semua materi di mana saja di alam semesta. Selain itu dari segi fisik dan kimiawi, tubuh manusia sangatlah kompleks dan tak ternilai. Berapa harga tubuh manusia? Seorang ahli memperkirakan harga tubuh manusia ukuran sedang kalau unsur-unsur pembentuknya dibeli di pasar bebas maka harganya kira-kira 6 juta dollar US. Bayangkan suatu harga yang sangaaaaat besaaaaaaar kalau dikonversi di rupiah.

Inilah sebagian kecil keajaiban manusia yang tidak ada pada makhluk lain.
Pertama, dari segi kimiawi, tubuh kita tak tertandingi kerumitannya. Tubuh manusia memuat 10-100 trilyun sel dan tiap-tiap sel memuat kira-kira satu trilyun atom. Setiap sel terdiri dari 1012(one trillion) bit data. Setara dengan setiap surat dalam 10 juta buku. Setiap sel itu berdiri sendiri dan juga bekerja sama dengan sel lainnya. Sel-sel itu juga senantiasa memperbaharui dirinya dalam jangka waktu tertentu.

Kedua, pergerakan tubuh manusia sangat unik dan mengagumkan. Tubuh manusia bergerak sebagai suatu tim dengan digerakkan oleh 206 tulang dengan 639 otot. Paduan otot dan tulang itu membuat manusia memiliki potensi kekuatan yang sangat besar.

Keempat, otak manusia memiliki syaraf sebanyak (taksiran terbaik) yaitu 200 miliar syaraf dan trilyunan koneksi jaringan yang tersusun dan bekerja secara tak terpahami dalam jarangian syaraf yang kompleks. Ibarat jaringan telepon yang jumlahnya milliaran dalam sebuah negara. Semua itu ada dalam otak manusia yang beratnya hanya 3 pound. Bandingkan, seekor semut hanya memiliki 900 sel syaraf dan semut hanya 250. Salah satu ilmuwan memperkirakan bahwa otak kita, rata-rata, memproses lebih dari 10.000 pikiran dan konsep-konsep setiap hari......


Kelima, kemampuan manusia berkomunikasi baik dengan suara maupu tanpa suara. Dengan gerakan mata, bibir dan otot wajah manusia mampu mengkomunikasin pesan tanpa suara sebanyak 4000 pesan yang berbeda. Suara manusia mampu memproduksi ratusan sampai miliaran kata-kata yang unik dan berbeda, kenyataannya rata-rata manusia hanya menggunakan 4800 kata setiap hari.

Kelima, mata kita sangat luar biasa karena 70% informasi itu masuk melalui mata. Pada retina mata kita terdapat 120 juta sel batang dan 7 juta sel kerucut. Semua sel batang menangani penglihatan redup, malam dan sekitar sedangkan sel kerucut menangani penglihatan berwarna dan detil halus. Tahukah anda bahwa mata tlanjang kita bisa melihat nyala api sebatn liln sejauh 48 km di tempat yang gelap?

Keenam, telinga manusia memiliki 24.000 sel rambut yang mengkonversi getaran menjadi impulks elektrik yang memampukannya untuk mendengar suara yang dalam level akustik yang sangat rendah sekalipun. Kepekaan telinga kita membuat kita mampu mendengar suara jangkrik sejauh 2,4 km di tempat yang tenang.

Ketujuh, hidung kita mampu membedakan sepuluh ribu aroma atau bau di tempat yang berbeda. Terdapat antara 10 juta samapi 25 juta sel penerima di daerah sel penciuman dalam hidung yang menutupi bidang kira-kira 2,5 cm persegi pada tiap sisi.

Kita menghirup udara 23,800 hirupan per hari ddengan bobot udara seberat 11 kilogram perhari. Setiap nafas yang kita hirup memuat 150 juta molekul. Udara melewati trakea ke paru-paru yang tujuannya adalah untuk pertukaran gas (yang berarti mengambil oksigen ke dalam tubuh yang memberi hidup dan menghilangkan karbon dioksida beracun dan produk sisa lainnya dari metabolisme tubuh). Proses ini dilakukan oleh lebih dari 750.000.000 kantung udara mikroskopis yang disebut aveoli.

Kedelapan, kita punya indra peraba untuk menyampaikan informasi mengenai suhu dan kondisi tubuh lainnya ke otak. Kulit sendiri memiliki sekitar empat juta struktur yang peka terhadap rasa sakit. Selain itu memiliki sekitar satu setengah juta sensitif terhadap sentuhan dan 200 ribu kepada suhu.

Kesembilan, jantung manusia berdenyut sebanyak 100, 000 kali dalam sehari untuk menggerakkan darah sejauh 9000 km dalam tubuh kita. Ukuran jantung rata-rata seberat 300 gram dan rata-rata kita memiliki darah sebanay 5,6 liter. Jantung kita dengan setia memompa darah tanpa istirahat ke seluruh tubuh bahkan saat kita sedang terlelap di alam mimpi.

Kesepuluh, setiap tetes darah berisi 250 juta sel darah merah. Seumur hidupnya yang rata-rata 120 hari, setiap sel ini sangat terspesialisasi ini menjalankan tgas yang sangat penting, yaitu menyerap oksigen 175.000 kali dan mengeluarkan karbondioksida dalam jumlah yang sama.


Daftar di atas masih bisa diperpanjang tapi tujua saya untuk memaparkan hal-hal di atas adalah untuk mengajak kita melihat siapa sesungguhnya di balik keajaiban manusia yang begitu luar biasa ini. Allah sang Pencipta Kita, Disainer yang Agung, Dialah yang merancang dan menjadikan kita dengan hikmat dankuasa-Nya. Saat Tuhan menciptakan kita kata Richard Swenson, Tuhan sedang memamerkan kejeniusan-Nya. Biarlah respon kita adalah kembali mengagumi keajaiabn dan kedahsyatan Tuhan Pencipta kita dan menyerukan bahwa Allah sendiri yang layak menerima menerima pujian. Seperti Mazmur 139:14 mengatakan "Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kau buat dan jwaku benar-benar menyadarinya”



referensi :
http://www.mind.ilstu.edu/curriculum/neurons_intro/neurons_intro.php
More than meets the eye, Richard Swenson, M.D
The Wonder of Man, Dr. Werner Gitt
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Komen dong, tapi yang sopan dan tidak spam ya

Copyright © Spesial Unik. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design