Tuesday, April 09, 2013

Sesak Nafas Pertanda Sakit Apa Saja ?

Do you want to share?

Do you like this story?

Sesak Nafas Pertanda Sakit Apa Saja ? - Kali ini ada artikel menarik yang saya baca dari Dr. Lilik Herawati dalam menjawab pertanyaan seorang penderita. Beliau merupakan seorang dokter di RS Bhayangkara HS Samsoeri Mertojoso Polda Jawa Timur, beralamat di jl. A. Yani 116 Surabaya.
Artikel termuat di bulan Juli 2012 yang lalu.


Pertanyaan

Di situ ada seorang wanita usia 20 tahun yang bertanya sebagai berikut, kurang lebihnya.
Dok, saya wanita 20 tahun. Beberapa hari ini saya merasa sesak nafas, apalagi kalau sedang mengerjakan sesuatu yang sedikit berat. Terkadang sampai ngos-ngosan dan bagian bawah perut samping kanan terasa panas sampai ke bagian belakang.

Suhu badan juga kadang panas, apalagi bila sudah masuk malam hari. Selain itu, saya juga sering mangalami sakit kepala.
Menurut dokter, gejala penyakit apa yang sedang saya alami?
Bisakah ini pertanda sakit jabtung atau penyakit lainnya seperti ginjal?
Mohon penjelasan dan sarannya.

Jawaban dari dr. Lilik

Keluhan sesak nafas bisa disebabkan penyakit dari paru-paru, jantung, ginjal atau sebab lain. Untuk keluhan sesak nafas pasti disertai dengan keluhan-keluhan lain yang khas pada masing-masing penyakitnya. Berdasarkan data yang Anda sampaikan, sangat dimungkinkan sesak dan ngos-ngosan yang Anda alami berasal dari lambung karena selain sesak, Anda juga mengeluh pada perut kanan terasa panas sampai tembus ke belakang.

Sakit lambung (gastritis) secara garis besar penyebabnya ada dua, yaitu dari dalam dan dari luar. Faktor-faktor dari luar yaitu berupa makanan atau minuman dan obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut, misalnya makan makanan yang berserat.

Sedangkan faktor-faktor dari dalam meliputi stres/tekanan pada psikis yang menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang merangsang pengeluaran asam lambung.

Kesimpulannya, bahwa kalau sesak nafas itu belum tentu pertanda sakit jantung, bisa jadi hanya bagian lambung saja yang bermasalah. Jawaban adalah asli dari beliau, tidak dikurangi atau dilebihkan, sementara lainnya dengan olah kata sendiri.

Semoga bermanfaat artikel
Sesak Nafas Pertanda Sakit Apa Saja ? ini.

Sumber : http://obatsakit2011.blogspot.com/2013/04/sesak-nafas-pertanda-sakit-apa-saja.html

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements