Wednesday, April 17, 2013

4 Mitos Menyesatkan di Dunia Teknologi

Do you want to share?

Do you like this story?

4 Mitos Menyesatkan di Dunia Teknologi
Mitos-mitos Teknologi yang Menyesatkan

Mitos merupakan sesuatu yang ada di berbagi bidang, tidak terkecuali bidang teknologi. Banyak sekali mitos mitos dunia teknologi yang banyak dipercayai orang, padahal sebenarnya mitos tersebut hanyalah bualan belaka. Mungkin karena kurangnya pengetahuan atau karena banyaknya orang yang mengatakannya sehingga lama kelamaan mitos tersebut dipercaya sebagai sebuah kebenaran.

Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal tersebut, pada kesempatan kali ini akan diulas 4 mitos menyesatkan yang ada di dunia teknologi. Semoga setelah membaca artikel ini Anda tidak lagi percaya terhadap mitos-mitos tersebut. Berikut ulasannya.

1. Komputer Lambat Karena RAM Penuh


Rasanya sudah tidak asing lagi jika kita mendengar keluhan bahwa komputer, smartphone, ataupun tablet menjadi lambat karena banyaknya RAM yang terpakai, sehingga banyak orang yang mencari cara agar bisa menghemat penggunaan RAM tersebut. Padahal sebenarnya RAM adalah komponen yang cepat sehingga mempercepat kerja dari sebuah komputer. Yang membuat lambat sebuah komputer justru adalah hard drive ataupun media penyimpanan yang lain. Kenapa bisa begitu?

Dengan menaruh data yang dibutuhkan pada RAM, maka komputer dapat meningkatkan waktu akses terhadap data-data tersebut sehingga kinerjanya menjadi cepat. Oleh karena itu, jika RAM tersebut terus dikosongkan, maka RAM tersebut tidak akan berguna sama sekali.

Hal tersebut juga berlaku untuk smartphone dan tablet Android. Aplikasi yang berjalan di background memang dapat memberikan dampak buruk terhadap performa, namun hal tersebut bukan disebabkan oleh RAM. Hal tersebut disebabkan oleh aplikasi background yang menyimpan datanya di memori internal atau SD card. Maka dari itu, jika Anda merasa smartphone Anda menjadi lebih cepat setelah membersihkan aplikasi backround, hal tersebut disebabkan karena data aplikasi yang ada di memori internal dan eksternal juga dibersihkan.

2. Melepas USB Drive Secara Asal-Asalan Akan Menghapus Data

Telah sejak lama Windows memperingatkan para penggunanya agar tidak melepas USB drive sebelum men-disable-nya dari sistem operasi. Karena peringatan tersebut banyak orang yang menganggapnya sebagai hal yang berbahaya bahkan bisa menghapus data yang ada di dalamnya.
Faktanya, Anda tidak akan mendapat masalah apapun ketika mencabut USB Drive tanpa melakukan ejecting terlebih dahulu. Bahkan USB Drive Anda tidak akan mengalami masalah apapun walaupun Anda melakukannya hingga ratusan kali. Satu-satunya hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah mencabut USB drive ketika Anda sedang mentransfer data atau membuka file yang ada di dalam USB Drive tersebut. Pasalnya, hal tersebut dapat merusak data yang Anda miliki.

3. Anda Tidak Membutuhkan Antivirus Jika Anda Berhati-hati Ketika Menggunakan Komputer

Banyak yang mengatakan jika Anda tidak perlu memakai antivirus jika Anda tidak pernah menyalin data dari flashdisk milik orang lain. Hal tersebut mungkin benar jika Anda mengucapkannya 10 tahun yang lalu. Masalahnya saat ini virus komputer tidak hanya berasal dari file saja, melainkan dapat disebarkan melalui jaringan, ataupun melalui celah-celah keamanan yang ada di browser dan software yang Anda miliki.

Oleh karena itu, seberapa hati-hatinya pun Anda menggunakan komputer, tetap Anda harus menggunakan antivirus karena semakin hari penyebaran virus juga semakin canggih.

4. Ponsel dan Peralatan Elektronik Dapat Memicu Kanker

Banyak yang percaya jika radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel dapat memicu terjadinya kanker pada manusia. Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan WHO (World Health Organization) yang menyatakan jika ponsel merupakan “Class B Carcinogen”. Namun perlu Anda ketahui, Class B merupakan penyebab kanker yang sangat lemah, bahkan sebuah penelitian di Denmark yang melibatkan sekitar 350 ribu orang menyatakan bahwa ponsel tidaklah berbahaya bagi manusia.

Hal ini juga tentu saja berlaku untuk berbagai macam barang elektronik lain seperti komputer, tablet, televisi, dan lainnya. Semua barang tersebut tidak akan mengeluarkan radiasi yang akan menyebabkan penyakit kanker.

Dalam dunia fisika dan kedokteran juga disebutkan jika radiasi terdiri dari berbagai macam jenis, dan radiasi yang perlu dikhawatirkan adalah radiasi yang akan merusak DNA manusia. Salah satu yang berbahaya adalah sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Sinar tersebut dapat menyebabkan kanker kulit dan memiliki tenaga sekitar 400 ribu lebih kuat dibandingkan radiasi yang dikeluarkan oleh ponsel. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir mengenai efek buruk yang akan ditimbulkannya.

Sumber : Kaskus

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements