Kacamata Ini Gunakan Perintah Suara

Kacamata Ini Gunakan Perintah Suara


Kaca Mata Unik Perangkat kacamata digital Google (Google Glass) akan menggunakan perintah suara dan gerakan kepala demikian disebut Kepala Proyek Google Glass, Babak Parviz.

"Sampai sekarang, kami mempunyai panel sentuh untuk perangkat (kacamata Google) yang memungkinkan orang mengubah sesuatu pada perangkat sesuai keinginan," kata Parviz seperti dikutip IEEE Spectrum.

Parviz mengatakan kacamata digital Google mempunyai dua tujuan, komunikasi bergambar dan akses informasi cepat.

"Kami ingin mempunyai perangkat yang melihat dunia melalui mata Anda dan memungkinkan Anda berbagi apa yang dilihat orang lain," kata Parviz.

Mantan Dosen Teknik Elektronika Universitas Washington itu mengatakan Google masih terus melakukan percobaan pada kacamata digitalnya agar perangkat itu dapat segera dikirim kepada pengembang awal tahun ini.

Parviz mengatakan kacamata digital Google itu dilengkapi saluran audio bagi pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain.

Emil Audero, Kiper Muda Terbaik Juventus Asal Indonesia

Emil Audero, Kiper Muda Terbaik Juventus Asal Indonesia
Emil Audero bernama lengkap Emilio Audero Mulyadi adalah seorang penjaga gawang utama tim Juventus Allievi (U17) dan juga Tim Nasional Italia U16. Jika kita melihat namanya dimana terdapat nama Mulyadi di belakangnya pastilah kita akan menduga bahwa ia memiliki keterkaitan dengan Indonesia. Memang tepat bahwa Emilio Audero Mulyadi memang memiliki hubungan dengan Indonesia karena ia lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan juga memiliki ayah yang merupakan seorang Warga Negara Indonesia.



“Benar, ayah saya orang Indonesia dan saya tinggal di Indonesia sekitar dua tahun lalu,” ujar pemain berusia 15 tahun itu.

Karirnya di Juventus dimulai saat ia meninggalkan Indonesia dan mulai bergabung dengan salah satu klub di Italia. Setelah mengikuti beberapa pertandingan dengan klub tersebut, pihak Juventus pun tertarik dengan bakatnya dan mengundangnya untuk ikut dalam beberapa sesi latihan dengan tim Juventus Allievi (U17).

“Ketika saya bermain untuk salah satu klub di Italia, saya mengikuti beberapa kali training session dengan Juventus dan setelahnya Juventus mengatakan pada saya bahwa mereka tertarik dengan saya dan menyatakan bahwa tahun depan saya adalah pemain Juventus,” paparnya. Emil juga menceritakan tentang pengalamannya berlatih dengan Juventus.

“Latihannya sangat berbeda jika dibandingkan dengan klub saya terdahulu, terkadang latihannya sangat berat dan terkadang tidak terlalu berat. Kita berlatih setiap hari, hanya pada hari Senin dan terkadang Sabtu kita memiliki waktu istirahat,” cerita pengidola Gianluigi Buffon itu.

Mengenai keterikatannya dengan Indonesia, Emil pun tidak membantah bahwa ia lahir di Indonesia akan tetapi ia menyatakan bahwa ia tidak memiliki paspor Indonesia.

“Benar saya lahir di Indonesia, akan tetapi saya tidak memiliki paspor Indonesia.” Ketika ditanya tentang keinginannya untuk memperkuat Tim Nasional Indonesia di masa depan, kiper utama Tim Nasional Italia U16 itu menyatakan bahwa untuk saat ini mungkin ia hanya ingin berkonsentrasi untuk memperkuat Italia di ajang Internasional.

“Saya rasa saya hanya akan memperkuat Tim Nasional Italia.” Emil juga menceritakan tentang banyak hal yang ia sukai dari Indonesia terutama pantai – pantainya dimana salah satu pantai yang menjadi favoritnya adalah pantai Selong Belanak, Lombok.

“Saya sangat menyukai pantai – pantai yang ada di Indonesia dan berselancar disana, Pantai Selong Belanak menjadi favorit saya karena sangat indah,” pungkas pemain yang baru saja terpilih sebagai penjaga gawang terbaik kelahiran tahun 1997 di ajang penghargaan The Young Italy Talents of The Future 2012.

Sumber : http://sepakbola.lintas.me/

10 Ramalan Tentang Industri Game 2013

10 Ramalan Tentang Industri Game 2013
Industri game memang belum memperlihatkan gairah yang menggebu-gebu di awal tahun 2013 ini. Sebagian besar developer dan publisher masih menahan diri untuk merilis game-game andalan mereka di bulan pertama di tahun yang baru ini, tentu saja untuk menunggu gamer menyelesaikan terlebih dahulu game yang mereka dapatkan di libur panjang akhir tahun yang lalu. Melewati tahun 2012 yang manis, tahun 2013 memang menawarkan segudang potensi yang tidak kalah menarik untuk diikuti. Tidak hanya konfirmasi kemunculan beberapa nama besar, industri game tentu saja masih menyimpan segudang kejutan yang memang pantas untuk diantisipasi. Namun dari beberapa informasi dan tren yang berkembang di tahun 2012, ada beberapa hal menarik yang dapat diprediksikan di tahun 2013. Sebuah tren yang mulai terlihat jelas, tidak hanya dari jajaran game yang akan hadir, namun beragam rumor yang sudah lama berkembang.

[caption id="" align="alignnone" width="600"]10 Ramalan tentang Industri Game di 2013 10 Ramalan tentang Industri Game di 2013[/caption]

Setelah sempat membahas berbagai game yang pantas untuk diantisipasi tahun ini, tren-tren apa saja yang akan menghiasi industri ini selama 362 hari ke depan? Inilah beberapa tren dan prediksi yang menurut kami pribadi, akan menjadi pondasi hidupnya industri game selama tahun 2013 ini.

1. Popularitas Busur dan Panah

[caption id="" align="alignnone" width="600"]Popularitas Busur dan Panah Popularitas Busur dan Panah[/caption]

Salah satu tren yang dapat terlihat dengan jelas sejak akhir tahun 2012 hingga mungkin, sepanjang tahun 2013 mendatang adalah munculnya panah dan busur sebagai senjata “eksotis” yang tidak boleh terlewatkan. Busur dan panah diposisikan sebagai senjata efektif yang mampu membunuh sebagian besar musuh dengan satu langkah, sekaligus menjadikan keheningannya sebagai faktor stealth yang krusial. Far Cry 3 dan Battlefield: Aftermath sudah menyertakannya dan beberapa game seperti: Tomb Raider dan Crysis 3 juga akan mengusungnya. Busur dan panah tampaknya akan menjadi primadona baru industri game di tahun 2013 ini.

2. Bangkitnya Kembali Survival-Horror

[caption id="" align="alignnone" width="600"]Bangkitnya Kembali Survival-Horror Bangkitnya Kembali Survival-Horror[/caption]

Survival-horror boleh terbilang sebagai salah satu genre yang kian ditinggalkan, bahkan oleh sebagian besar franchise yang berhasil meraih popularitas darinya. Namun kesuksesan mekanisme gameplay sederhana yang ditawarkan oleh Slenderman di tahun 2012 silam seolah menjadi indikator yang valid bahwa genre ini masih memiliki peminat yang tidak sedikit. Tidak lantas terjerumus di sisi action, gamer hanya akan dibekali dengan kemampuan dan senjata yang terbatas untuk bertahan hidup, atau bahkan dituntut untuk hanya berlari, menghindar, dan bersembunyi. Kembalinya survival-horror sebagai genre populer tampaknya akan kian menguat di tahun 2013 ini.

3. Sistem Freemium



Free to play adalah masa depan industri game, tidak sedikit publisher yang mengakui konsep ini. Free to play tidak hanya memberikan kesempatan untuk menciptakan pasar konsumen yang lebih luas, tetapi juga menutup celah kerugian yang selama ini dipermasalhkan dari proses pembajakan. Untuk itu, sistem freemium yang menawarkan opsi pembelian beragam item, equipment, hingga karakter, baik untuk kepentingan gameplay atau sekedar kosmetik, menjadi format yang dianggap paling masuk akal. Beberapa game MMO yang dirilis ke pasaran di tahun 2012 silam sudah menerapkan hal ini, dan tidak tertutup kemungkinan tetap akan menjadi konsep yang tetap dipertahankan hingga tahun 2013 ini. Beberapa game MMO yang sudah lama dipersiapkan akan ditawarkan dengan sistem freemium. Salah satu yang pantas untuk diantisipasi? Tentu saja kehadiran game MOBA racikan Valve yang kini semakin diminati – DOTA 2.

4. Pembicaraan Tentang Konsol Generasi Selanjutnya

[caption id="" align="alignnone" width="600"]Pembicaraan Tentang Konsol Generasi Selanjutnya Pembicaraan Tentang Konsol Generasi Selanjutnya[/caption]

Konfirmasi tentang kehadiran konsol generasi terbaru memang masih menjadi misteri, walaupun terlepas dari beragam rumor hangat yang terus berkembang mengitarinya. Walaupun demikian, fakta umur Playstation 3 dan XBOX 360 yang sudah uzur dan kian mendekati akhir hidupnya memang tidak terbantahkan. Sebagian besar rumor yang sempat berkembang meyakini bahwa 2013 akan menjadi tahun bagi dua produsen besar – Microsoft dan Sony untuk memperkenalkan konsol-konsol terbaru ini. Tidak akan mengherankan jika tahun 2013 akan dipenuhi dengan beragam berita dan rumor yang akan terus menyoroti hadirnya kekuatan baru di industri game ini. Bagian terbaiknya? Ada kemungkinan besar kita akan menyaksikan secara langsung kelahiran konsol generasi terbaru ini dan tidak lagi sekedar rumor belaka.

5. The Rise of Mobile Gaming!

[caption id="" align="alignnone" width="600"]The Rise of Mobile Gaming! The Rise of Mobile Gaming![/caption]

Kemampuan sebagian besar smartphone dan tablet saat ini memang sudah cukup untuk menghasilkan kualitas mobile video gaming yang pantas untuk diacungi jempol, bahkan untuk menciptakan visualisasi mendekati konsol yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. Dengan peningkatan kemampuan di tahun 2013 dengan dirilisnya beberapa chipset baru yang lebih bertenaga tentu saja akan memperkuat popularitas mobile gaming. Perlahan namun pasti, ia tidak lagi hanya ditujukan untuk para gamer casual, tetapi juga gamer-gamer yang membutuhkan game-game “serius” yang menantang. Beragam port game-game ternama masa lalu dari beberapa publisher akan terus terjadi, bahkan tidak tertutup kemungkinan, memunculkan beberapa judul eksklusif yang tidak kalah kualitasnya. Kehadiran konsol rumahan murah bebasiskan Android seperti Ouya juga akan memperkuat tren ini.

6. Semakin Banyak Adaptasi “Game to Movie”

[caption id="" align="alignnone" width="600"]Semakin Banyak Adaptasi “Game to Movie” Semakin Banyak Adaptasi “Game to Movie”[/caption]

Untuk menjaring pangsa pasar yang jauh lebih luas, tidak sedikit publisher saat ini yang mulai menjajal industri game Hollywood untuk “menghidupkan” kembali franchise-franchise raksasa mereka dalam bentuk yang berbeda. Ubisoft mungkin menjadi yang paling gencar melakukan hal ini dengan proses adaptasi Splinter Cell, Assassin’s Creed, Watch Dogs, dan Splinter Cell. Namun tidak sedikit publisher lain yang juga mengejar hal yang sama, seperti EA yang sudah mengumumkan versi film untuk Need for Speed dan Mass Effect. Sony juga dikabarkan tengah berusaha menggarap adaptasi untuk God of War. Walaupun tidak semua film ini akan dirilis pada tahun 2013 ini, namun beragam rumor dan informasi progress terkait proses-proses adaptasi “Game to Movie” ini akan terdengar lebih gencar di tahun 2013 ini.

7. Remote Play

[caption id="" align="alignnone" width="600"]Remote Play Remote Play[/caption]

Nintendo Wii U boleh terbilang sebagai penggerak utama dan implementasi remote play yang selama ini didengungkan oleh banyak produsen. Kesempatan untuk menjadikan Wii U Pad tidak hanya untuk mengakses beragam informasi ekstra secara real-time untuk game-game yang sedang dimainkan, tetapi juga menjadikanya sebagai media untuk memainkan game-game Wii U tentu saja menginspirasi para kompetitor. Tidak akan mengherankan jika Sony akan mulai berbenah diri dan menjadikan kemampuan remote play antara PS Vita X Playstation 3 sebagai nilai jual utama di tahun 2013 ini sembari menyambut kehadiran Playstation 4 yang mungkin akan diumumkan pada akhir tahun nanti. Sementara kehadiran Windows 8 dari Microsoft juga menciptakan potensi yang tidak kalah besarnya. XBOX Smart Glass hanyalah awal dari apa yang bisa diimplementasikan di masa depan.

8. Fokus di Plot dan Pendekatan Sinematik

[caption id="" align="alignnone" width="600"]Fokus di Plot dan Pendekatan Sinematik Fokus di Plot dan Pendekatan Sinematik[/caption]

Jika di masa lalu, kemampuan interaktif ditonjolkan menjadi satu-satunya kekuatan industri game, kini perkembangan teknologi memungkinkan para aktor di belakang untuk menjajal hal yang berbeda. Tidak lagi hanya sekedar menjual sisi gameplay, para produsen kini juga mengejar keistimewaan plot yang diusung dan pendekatan sinematik untuk menciptakan pengalaman Hollywood yang lebih kental. Dramatisasi tidak hanya datang dari sekedar tembakan dan ledakan, tetapi juga lewat permainan cerita yang mampu menggugah emosi para pemain. Permainan kamera dan animasi pergerakan karakter yang didesain lebih “hidup” dijadikan sebagai pondasi untuk menciptakan pengalaman gaming yang lebih sempurna ini. Kebuntuan di sisi genre yang mulai minim opsi dan inovasi juga menjadi alasan di balik pilihan ini.

9. Persaingan Engine Next-Gen

[caption id="" align="alignnone" width="600"]Persaingan Engine Next-Gen Persaingan Engine Next-Gen[/caption]

Selama beberapa tahun terakhir ini, industri game memang boleh dikatakan, berhasil menciptakan game-game dengan visualisasi luar biasa yang pantas untuk diacungi jempol. Sebuah tren yang justru akan semakin gencar dengan semakin mendekatnya akhir usia konsol generasi saat ini. Beberapa developer engine memang sudah mengkonfirmasikan engine generasi terbaru mereka – Konami dengan Fox Engine, Square Enix dengan Luminous Engine, dan Epic dengan Unreal 4. Sementara developer seperti DICE mengumbar performa engine Frostbite 2.0 nya yang diakui belum dimanfaatkan secara maksimal. Dalam beberapa bulan ke depan, apalagi jika konsol generasi terbaru benar-benar dirilis, maka kita akan melihat pertarungan dan persaingan panas untuk menentukan engine next-gen apa yang pantas untuk diperhatikan. Tidak hanya engine-engine yang sudah diumumkan, tetapi juga para developer yang saat ini masih “merahasiakan”nya.

10. More Love for the Indies!

[caption id="" align="alignnone" width="600"]More Love for the Indies! More Love for the Indies![/caption]

Walaupun banyak game-game berkualitas tinggi yang akan meluncur dari para developer dan produsen raksasa tahun ini, namun 2013 tampaknya masih akan menjadi tahun yang manis bagi para developer indie. Dengan kesuksesan beberapa proyek Kickstarter tahun lalu dan support dari komunitas yang terus menjadikan indie sebagai alternatif pilihan yang tidak dapat disangkal, tahun 2013 tampaknya masih akan menawarkan game-game indie yang tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Indie justru menjadi katalis terbaik untuk menciptakan ragam game dan genre yang akan membuat gaming di tahun 2013 kian menarik. Jadi alih-alih sekedar menantikan kehadiran game-game raksasa dari para publisher yang sudah terkenal, ada baiknya jika kita mulai memerhatikan game-game indie apa saja yang akan hadir di tahun 2013 ini. Something that we won’t regret.

Di atas adalah 10 tren yang kami prediksikan akan mewarnai industri game sepanjang tahun 2013 ini. Sebagai prediksi yang didasarkan pada observasi terhadap beragam fenomena yang baru dimulai ataupun sudah menghangat sejak tahun 2012 kemarin, semua tren di atas bisa saja terealisasi menjadi kenyataan atau justru bergerak menjauh dari kondisi nyata di lapangan selama beberapa bulan ke depan. Bagaimana menurut Anda sendiri? Prediksi apa yang menurut Anda akan terjadi di industri game untuk tahun 2013 ini?. What is your prediction?

Sumber : JagatPlay

Jalan-jalan ke Museum Doraemon

Jalan-jalan ke Museum Doraemon

Berita Unik Untuk menghargai ‘jasa’ besar Doraemon karena telah setia begitu lama menghibur masyarakat, di Jepang dibangunlah museum Doraemon. Museum yang terletak di pinggiran kota Tokyo, tepatnya di Kawasaki ini didirikan sekaligus juga untuk mengenang mendiang Fujio, pengarang komik Doraemon.

Sejak dibuka pada 3 September 2011 lalu, museum ini menampilkan 50.000 benda yang berhubungan dengan Doraemon. Sebagian besar merupakan gambar asli coretan dari mendiang Fujiko F Fujio. Ada pula meja dan benda lainnya yang digunakan Fujio ketika ia menuangkan kreativitasnya dalam berbagai kisah perjalanan Doraemon dan Nobita.

Museum ini terdiri dari tiga lantai yang tidak hanya fokus di tempat pameran tapi terdapat pula replika studio kerja Fujio, teater kecil untuk menampilkan film animasi Doraemon, sejumlah toko, dan restoran. Walaupun Fujio paling terkenal lewat Doraemon, beberapa karyanya yang lain juga ditampilkan di museum tersebut, salah satunya adalah “Obake no Q-taro” yang bercerita tentang hantu nakal.

Kalau ingin main ke museum Doraemon, kita perlu reservasi terlebih dahulu. Jadwal kunjungan terbagi dalam empat kali jam kunjungan dalam sehari. Harga tiket masuk untuk dewasa adalah 1000 yen atau sekitar Rp 120 ribu, 700 yen atau Rp 84 ribu untuk pelajar menengah dan atas, dan 500 yen atau Rp 60 ribu untuk anak-anak usia empat tahun ke atas.

"Saya pribadi percaya bahwa anak-anak dari seluruh dunia yang membaca dan menyukai Doraemon adalah bukti bahwa anak akan selalu menjadi anak-anak di manapun mereka berada," kata Masako Fujimoto, istri dari Fujio.Komik Doraemon diadaptasi menjadi serial animasi yang telah diterjemahkan ke 30 bahasa dan masih terus terkenal di berbagai negara hingga saat ini.


Sumber :http://www.republika.co.id

Anehnya Ukuran Cantik di Afrika Barat

Anehnya Ukuran Cantik di Afrika Barat


Ukuran kecantikan di berbagai negara di dunia memang berbeda-beda. Kalau di Indonesia, ukuran cantik adalah berwajah putih, tinggi, dan berambut panjang, lain halnya di Afrika Barat.

Dikutip dari Oddity Central, Sabtu (5/1), di Afrika Barat, perempuan dianggap cantik apabila memiliki gusi berwarna hitam. Karena ukuran tersebut, tidak jarang para perempuan rela mentato gusinya demi memenuhi standar ukuran cantik di lingkungan sekitarnya.

Untuk mentato gusi, biasanya perempuan di Afrika Barat biasa pergi ke tempat jasa tato rumahan yang memungut bayaran sekitar 1 dolar Amerika atau sekitar Rp 9000. Selain cantik, gusi berwarna hitam juga dipercaya menjadi identifikasi kesehatan dari pemilik mulut.

Gusi yang hitam, di Afrika Barat diyakini juga akan membuat senyum menjadi semakin menawan.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/13/01/05/mg4zu3-anehnya-ukuran-cantik-di-afrika-barat

Ilmuan Mentahkan Mitos Tidur 8 Jam

Ilmuan Mentahkan Mitos Tidur 8 Jam

Hal ini secara luas diyakini bahwa fungsi normal dari seseorang perlu 8 jam untuk tidur. Angka itu dianggap optimal. Namun, sebuah penelitian terbaru di Inggris menunjukkan bahwa orang yang tidur 6-7 jam semalam hidup paling lama, merasa lebih baik dan berkinerja lebih baik. 

Napoleon Bonaparte pernah mengatakan, "Tidur enam jam adalah untuk pria, tujuh jam untuk wanita, dan delapan jam untuk pemalas." Hem memalukan juga ucapkan Napolean bagi yang sering tidur 8 jam, Helo Napoleon aku setuju sama Elu. :D

Namun demikian tidur yang normal sangat penting karena sedikit kurang tidur, otak akan tetap kehilangan kemampuan mengingat sesuatu dan pemicu obesitas serta gangguan metabolisme lainnya.

Sumber : http://health.lintas.me/article/rinagu.com/ilmuan-mentahkan-mitos-tidur-8-jam?utm_source=home&utm_medium=home_stream_13&utm_campaign=stream_lintas

Desa Terkaya, Aset Tiap Warganya Miliaran

Desa Terkaya, Aset Tiap Warganya Miliaran


Cukup menarik untuk diperhatikan bersama, dimana Desa Hua Xi, yang terletak di propinsi Jiang Shu, di tahun 1961 merupakan satu desa kecil, hanya 380 keluarga, 1520 orang, dan sangat terbelakang, dibawah pimpinan sekretaris Partai, Wu Renbao akhirnya sekarang menjadi satu desa termaju diseluruh Tiongkok, dengan penduduk lebih dari 30 ribu dan areal lebih dari 30 Km. Berhasil menggabungkan 16 desa disekitarnya, setiap keluarga tidak hanya mempunyai rumah berbentuk vila 400 – 600 m², tapi juga ada mobil sedan bahkan ada yang sampai 3.

Di tahun 2005 Desa Hua Xi berhasil mencapai penjualan produksi senilai lebih 30 milyar Yan. Mereka membangun Pagoda, tugu-emas, danau, taman-internasional dan taman Petani, bahkan membangun proyek tamasya dengan 80 pemandangan alam yang indah. Selama ini telah melayani tamu-tamu dari lebih 120 negara dan daerah. Setiap tahunnya bisa menerima 1 juta orang yang ingin melihat keberhasilan desa Hua Xi.

Bagaimana proses perkembangan desa Hua Xi bisa begitu heibat sehingga mendapatkan julukan “Desa No. 1 didunia”? Disamping itu, berturut-turut Desa Hua Xi juga mendapatkan julukan “Basis Organisasi Partai termaju”, “Model Dewan Petani Tiongkok”, “Pedesaan Tiongkok yang Berkebudayaan”, “Model Tipikal Kebudayaan Tiongkok”, “Kesatuan Maju Pekerjaan Ideologi-Politik Usaha Industri Pedesaan Tiongok”, “Industi Termaju Dari Perindutrian Pedesaan Tiongkok”, “Taman Industri Dari Teknologi Perindustrian Pedesaan Tiongkok”, … dsb. Benar-benar tidak salah Desa Hua Xi mendapatkan kehormatan sebagai “Desa No.1 Didunia” dari berbagai kalangan masyarakat Dalam dan luar negeri!

Dari beberapa tulisan (bahasa Tionghoa) yang bisa saya ikuti, patut diperhatikan cara memimpin Wu Renbao, sekretaris Partai di desa Hua Xi ini, sekalipun kelahiran petani biasa dan tidak berpendidikan tinggi. Semboyan yang dia ajukan: “Kebahagiaan dinikmati massa, Kesulitan dipikul pejabat”. Dan, prinsip yang dijalankan didesa Hua Xi, “maju dan makmur bersama”. Bukan sebagaimana prinsip Deng, “memperkenankan sementara orang kaya lebih dahulu”. Begitulah Pak Wu ini membawa penduduk desa Hua Xi maju makmur sampai sekarang ini. Seorang pengunjung dari Amerika menyatakan, Pak Wu seperti Lee Kuan Yao di Singapore.

Perkembangan pesat baru terjadi setelah awal tahun 80, pada saat politik “Membubarkan Komune Rakyat” mulai dijalankan dengan memperkenankan setiap Desa berinisiatif melancarkan usaha sendiri sesuai dengan kondisi masing-masing dan kebutuhan pasar. Jadi, setelah didesa-desa diperkenankan menggunakan tanahnya untuk berproduksi yang dikehendaki sesusai kebutuhan pasar. Jadi, setelah Pemerintah pusat menerima keunggulan ekonomi-pasar dari system kapitalis. Tidak lagi sepenuhnya menjalankan segalanya harus direncana oleh Pemerintah pusat, sedang daerah, desa-desa bertanam atau berproduksi sesuai pembagian tugas yang ditentukan Pemerintah Pusat. Salah satu kesalahan prinsip system sosialisme yang segalanya diatur/dikendalikan secara sentral, dan mudah terjerumus kekesalahan manusia yang subjective atau hanyut oleh kepentingan pribadi.

Lebih lanjut, desa Hua Xi setelah berhasil meningkatkan produksi pertanian dengan mekanisasi, mereka benar-benar mengembangkan usaha industry di-desanya, membangun pabrik baja dan pipa-baja. Usaha menjadi lebih besar setelah Wu Renbao menggabungkan beberapa desa disekitarnya, menambah jumlah tenaga kerja yang diperlukan untuk industry. Sehingga hasil produksi baja setahunnya mencapai 2,2 juta ton, sedang pipa-pipa berbagai jenis untuk sepeda, sepeda-motor dan perabot rumah-tangga, hampir 300 ribu ton/tahun. Dari hasil produksi desa Hua Xi sudah ada yang eksport ke AS, Canada, Eropah, Australia dan bebrapa Negara Asia-tenggara.

Desa Hua Xi telah menjadi kaya tidak berarti apa-apa seandainya seluruh Tiongkok tidak menjadi kaya. Itulah sebab, di tahun 2001, Desa Hua Xi memperluas wilayah dengan menggabungkan 16 desa disekitar menjadi satu pengurusan Desa Hua Xi untuk maju bersama. Dermikianlah sekarang ini desa Hua Xi menjadi besar dan lebih makmur lagi dengan bertambahnya tenaga kerja. Lengkap dengan produksi bahan pangan, buah-buahan, pohon, peternakan dan perikanan…

Di tahun 2010 ini, mereka menyambut peringatan 50 tahun pembangunan desa Hua Xi, dengan hasil produksi senilai 50 Milyar untuk kebahagiaan dengan memperkaya 50 ribu orang. Mewujutkan perkembangan yang serasi antara ekonomi, penduduk, sumber-alam dan lingkungan, lebih lanjut mempertahankan “Desa No. 1 Didunia” dengan meningkatkan kebudayaan, keserasian dan harmonis.

Penduduk desa Hua Xi menyatakan, keberhasilan desa Hua Xi menjadi begitu makmur, tidak terlepas dari kepemimpinan Wu Renbao. Itulah sebab mereka tidak hendak pimpinan diganti orang lain, sejak tahinm 1961, desa Hua Xi dipimpin oleh Wu Renbao. Dan karena pak Wu sudah lanjut usia, beberapa tahun yl. Berkeras mengundurkan diri, tapi yang diangkat sebagai penggantinya adalah putra ke-4nya. Menunjukkan kesadaran petani masih feodal, menganggap keberhasilan membawa kehidupan makmur, terutama ditentukan oleh seorang pemimpin, pribadi orangnya. Bukan bersandar pada sistemnya.

Bagaimana Wu Renbao mengatur pembagian hasil-kerja di Desa Hua Xi? Prinsip “mendapatkan sesuai dengan hasil kerja”, “kerja makin keras mendapatkan makin banyak” berusaha dipegang dan dilaksanakan. Keuntungan 20% untuk Grop Hua Xi yang melancarkan usaha, 80% digunakan untuk usaha; Dari 80% yang digunakan untuk Usaha itu, 10% untuk bonus pemborong; 30% untuk bonus manager dan teknisi; 30% untuk bonus pegawai/buruh; 30% akumulasi modal untuk mengembangkan usaha.

Mereka mengeluarkan semboyan: “Pembagian lebih sedikit, akumulasi modal lebih besar, mencatatkan saham lebih besar”. Pelaksanaannya? Bonus yang seharusnya jatuh ketangan pribadi pemborong, buruh/pegawai, kenyataan hanya 20% yang diuangkan dan diterima orang bersangkutan, selebihnya 80% dicatatkan sebagai pembelian saham perusahaan Hua Xi Grops. Jadi sekarang ini saham perusahaan Hua Xi Grop telah lebih 70% menjadi hak-milik kolektif dan kurang dari 30% saham milik Komune Hua Xi semula.

Bagaimana pula dengan kehidupan Petani/Buruh didesa Hua Xi? Praktis mereka tidak ada hari libur, Sabtu dan Minggu tetap bekerja. Setahun hanya 2 hari libur Tahun Baru Imlek. Jadi mereka, penduduk yang datang dari luar harus lebih dahulu ajukan permohonan pada Kepala Barisan Produksi untuk pulang kampung. Sedang bagi orang yang hendak keluarkan uang simpanan yang dalam bentuk saham itu, juga harus lebih dahulu mengajukan permohonan pada Dewan Desa. Dengan demikian, setiap penduduk desa Hua Xi, sudah ada uang simpanan setidaknya 1 juta Yan. Pembangunan perumahan bentuk vila dan pembelian mobil sedan yang dibagikan pada setiap penduduk desa itu diambil dari simpanan saham yang terkumpulkan.

Jaminan social juga cukup baik untuk setiap penduduk desa, artinya, masalah pengobatan, sekolah anak-anak dari Taman kanak-kanan sampai Universitas ditanggung Dewan Desa, juga perawatan orang-tua ditanggung sepenuhnya oleh Dewan Desa.

Yang rada aneh, Dewan Desa Hua Xi membuat ketentuan, seandainya ada dpenduduk Hua Xi ingin keluar menginggalkan desa Hua Xi, saham yang masih tersimpan, rumah dan mobil menjadi hak-milik Desa. Artinya, rumah-mobil bukan hak milik mereka masing-masing, cumin hak guna saja, sedang pencatatan saham yang didapat juga bukan milik pribadi petani. Tapi, tetap hak milik Komune Rakyat. Akhirnya mereka dipatok mati di-Desa Hua Xi untuk tetap biamenikmati hasil kerja selama hidupnya

Kali Cheonggyecheon, Kali Bersih yang Dulunya Kotor

Kali Cheonggyecheon, Kali Bersih yang Dulunya Kotor
Sejak lima tahun terakhir, penduduk Kota Seoul punya tempat menarik untuk bersantai. Demi melepas lelah dari kepenatan, warga ibukota Korea Selatan itu tidak lagi cuma menyambangi pusat perbelanjaan atau kafe-kafe, namun cukup berkunjung ke suatu kali bersih dan berjalan-jalan di sana tanpa dipungut biaya.

Nama kali itu Cheonggyecheon. Terletak di jantung kota, kali itu juga mampu menarik minat para turis lokal dan mancanegara. Cheonggyecheon benar-benar menawarkan daya tarik tersendiri.

Suasananya cukup tenang walau di atasnya berlalu-lalang beragam kendaraan bermotor. Sisi kiri dan kanan kali itu disediakan jalur khusus untuk pejalan kaki, sehingga mereka bisa merasakan langsung kesejukan udara sekaligus mendengarkan aliran air yang menyegarkan.

Kali sepanjang hampir 6 km itu dulunya sangat kumuh, bahkan menjadi jamban dan tempat buang sampah bagi banyak orang. Menurut laman pemerintah Seoul, setelah Perang Korea (1950-1953), Cheonggyecheon menjadi lokasi pemukiman kaum pendatang yang ingin mengadu nasib di ibukota.

Pada dekade 1970-an, Cheonggyecheon berubah fungsi menjadi salah satu simbol “modernisasi” Korsel. Kali itu dibangun banyak tiang pancang dan beton untuk pembangunan jalan layang.

Namun, pada 2003, walikota Seoul saat itu, Lee Myung-bak melakukan perubahan revolusioner. Lee, yang kini sukses menjadi presiden Korsel berkat visinya yang ramah lingkungan, ingin Cheonggyecheon kembali kepada statusnya semula sebagai anak sungai kecil yang mengalir di jantung ibukota.

Jalan-jalan layang di atas kali itu disingkirkan, begitu pula dengan tiang pancang dan lapisan beton yang menutupnya. Maka, dua tahun kemudian, Cheonggyecheon “lahir kembali” sebagai kali sungguhan dan kini menjadi salah satu kebanggaan Seoul sebagai ibukota moderen yang turut memperhatian kelestarian lingkungan hidup.

Menurut keterangan pemerintah Seoul, kelahiran kembali kali itu bahkan turut menurunkan tingkat polusi udara dan kian menyejukkan udara di tengah kota. Berikut perbandingannya.

Kali Cheonggyecheon tempo dulu:





Dan kini berubah menjadi kali yang lebih sehat:









Bagaimana dengan Jakarta, mungkin bisa dimulai dari kali ciliwung

sumber : http://www.beritaunik.net/unik-aneh/kali-cheonggyecheon-kali-bersih-yang-dulunya-kotor.html 

Menyewa Papan Bilboard Untuk Mendapatkan Pekerjaan?!

Menyewa Papan Bilboard Untuk Mendapatkan Pekerjaan?!

Sobat unik, memiliki gelar setelah lulus dari universitas memang tak menjamin kita dengan mudah mendapat pekerjaan. Seperti yang dialami oleh seorang pria sarjana yang telah lama menganggur dan menemukan cara yang unik untuk mendapatkan kerja. Yaitu dengan menghabiskan uang sebesar 500 poundsterling untuk menyewa papan bilboard raksasa – bertujuan untuk mendapat pekerjaan. Menarik bukan!

Pria itu bernama Adam Pacitti yang sudah lama menganggur dan telah memasukan lamaran lebih dari 250 lowongan pekerjaan dalam waktu 3 bulan, namun ia belum juga mendapatkan panggilan kerja. Sempat putus asa hingga akhirnya ia memilih untuk mengiklankan dirinya di sebuah papan Billboard raksasa.

Setidaknya Adam harus mengeluarkan uang sebanyak 500 poundsterling atau sekitar Rp7,7 juta untuk membuat iklan di papan billboard .

“Saya pikir iklan dapat menjadi media promosi. Ini adalah gambar yang sangat mencolok dan saya berharap banyak yang akan memberi saya pekerjaan,” ujar Pacitti.

Tak hanya itu, pria yang memperoleh gelar kelas pertama media produksi di Universitas of Winchester ini juga menggunakan media lain untuk mempromosikan diri, dengan mendirikan sebuah situs web, employadam.com.

Situs ini memperlihatkan kepada publik bagaimana cara ia mempromosikan keterampilannya dalam bidang pemasaran.

Didalamnya ia mengatakan, “Seperti yang dapat Anda lihat dari email kotak masuk, saya telah menghabiskan banyak waktu melamar pekerjaan dengan tidak beruntung, itulah sebabnya saya meluncurkan employadam.com.”

Usahanya untuk mendapat kerja melalui Situs dan billboard, kini menjadi populer di Twitter dan ia telah menerima ribuan pesan dukungan. (**)


Sumber : Orange.co.uk, uniknya.com, Januari 2013

Wew! Orang ini Buat Pakaian Dari EMAS!

Wew! Orang ini Buat Pakaian Dari EMAS!



Seorang pengusaha kaya asal India, menggelontorkan uang sebesar 800 ribu Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 2,5 miliar, untuk menciptakan kemeja yang terbuat dari emas.

Baju itu dikerjakan oleh satu tim perajin emas di Pune, Mumbai, India, yang bekerja selama 18 jam, untuk merampungkan pakaian tersebut.

Makkal Osai, pengusaha kaya itu mengatakan, kemejanya tersebut ditaburi enam butir kristal Swarovski sebagai kancing. Selain itu ia juga meminta dibuatkan satu sabuk yang juga terbuat dari bahan emas.

Dikutip dari Asiaone.com, Makkal mengatakan, baju emas itu merupakan investasinya. "Kemeja emas telah menjadi salah satu impian saya," katanya.

Selain itu, ia mengaku juga memiliki 10 kg emas batangan, termasuk 10 rantai emas, enam gelang, cincin, dan 25 jam tangan.

"Orang membeli mobil atau pergi untuk liburan ke luar negeri. Bagi saya, emas adalah yang utama," ucapnya.

Copyright © Spesial Unik. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design