Sunday, September 30, 2012

7 Manfaat Air Mata

Do you want to share?

Do you like this story?

Meneteskan air mata atau menangis adalah salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan entah sedih atau senang. Tapi menangis bukan hanya sekedar ekspresi perasaan atau reaksi alami saat mata mengalami iritasi. Di balik menangis atau air mata ternyata ada sesuatu yang menarik untuk ditelusuri. 

Para saintist telah menemukan salah satu bukti kebesaran Tuhan yang sangat fenomenal yaitu "air mata manusia". Air mata emosi adalah respon yang hanya dihasilkan oleh manusia. Binatang seperti burung juga bisa mengeluarkan air mata tetapi fungsinya hanyalah untuk membasahi mata mereka. Hanya manusialah yang memiliki sistem yang luar biasa yang menyebabkannya menangis. 

Air mata itu dihasilkan oleh kelenjar air mata atau kelenjar lacrimal yang berada di atas mata. Air mata itu akan keluar dari sudut mata kita. Saat berkedip air mata itu akan tersebar ke kelopak mata dan akan membasahi bola mata kita. 

Dalam website answersingenesis, penulis artikel Jerry Bergman mengatakan bahwa air mata itu adalah salah satu dari banyak mujizat yang bekerja begitu baik tetapi sayangnya kita terlalu menganggapnya hal yang biasa. Air mata atau menangis itu memiliki banyak manfaat baik secara fisiologis, psikologis maupun spiritual. Berikut tujuh manfaat air mata atau menangis :


1. Membantu penglihatan
Fungsi yang paling dasar dari air mata adalah membantu  kita untuk melihat. Secara harfiah. Air mata tidak hanya melumasi bola mata dan kelopak mata kita, tetapi juga mencegah dehidrasi pada membran mukosa. Tidak ada pelumasan, tidak ada penglihatan. Penulis Jerry Bergman mengatakan: "Tanpa air mata, hidup manusia akan sangat berbeda -dalam jangka pendek sangat tidak nyaman, dan dalam penglihatan jangka panjang akan kabur dan tertutup sama sekali."


2. Membunuh bakteri
Tidak perlu obat tetes air mata. Kita punya air mata! Kita punya agen antibakteri dan antivirus yang bekerja untuk kita, melawan semua kuman yang yang berada dan berkembang biak di tempat-tempat yang kotor. (Ini menjadi mimpi buruk bagi para bakteri!). Air mata mengandung lysozyme, cairan yang yang dapat membunuh 90 sampai 95 persen dari semua bakteri hanya dalam 5-10 menit! 


3. Mengeluarkan racun
Ahli biokimia William Frey, yang telah meneliti air mata selama bertsahun-tahun menemukan dalam risetnya bahwa air mata emosional -yang terbentuk dalam kesusahan atau kesedihan- memiliki kandungan racun yang melebihi  air mata iritasi (akibat  mengupas bawang mearh). Apakah air mata beracun? Bukan! Air mata benar-benar mengeluarkan racun dari tubuh kita. Mereka seperti terapi alami atau sesi pijat, tapi harganya jauh lebih murah alias gratis.!

4. Meningkatkan mood
Apakah Anda tahu apa tingkat mangan Anda? Saya juga tidak . Tetapi kemungkinan bahwa Anda akan merasa lebih baik jika itu rendah karena overexposure ke mangan dapat menyebabkan hal-hal buruk: kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, gangguan emosi. Tindakan menangis benar-benar dapat menurunkan kadar mangan seseorang. Air mata emosional mengandung kadar protein albumin 24 persen lebih tinggi - bertanggung jawab untuk mengangkut molekul kecil (beracun)  - dibanding air mata iritasi.


6. Mengurangi stress
Air mata benar-benar seperti keringat dalam berolahraga dan menangis baik untuk meredakan stres. Dalam artikelnya, Bergman menjelaskan bahwa air mata mengeluarkan beberapa bahan kimia yang terbentuk karena stress, seperti endorfin leusin-enkaphalin dan prolactin. Bergman menulis dampak sebaliknya dari menekan air mata, "Menekan air mata berarti meningkatkan tingkat stres, dan memberikan kontribusi untuk penyakit yang diperburuk oleh stres, seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan tukak lambung." 

7. Membangun komunitas
Dalam dirinya artikel "Science Digest", penulis Ashley Montagu berpendapat bahwa menangis tidak hanya memberikan kontribusi yang baik untuk kesehatan, tetapi juga membangun komunitas. Air mata membantu komunikasi. Ketika seseorang menangis ketika menceritakan masalahnya di Gereja, ini adalah jalan masuk untuk Anda berkomunikasi untuk menanyakan masalahnya atau berusaha untuk membantunya. Orang-orang yang juga memiliki masalah yang sama cenderung akan lebih dekat dan ketika mengetahui ada orang yang mengalami masalah maka hal seperti itu akan mendekatkan hubungan mereka.

7. Melegakan perasaan
Menangis melegakan perasaan, Anda tidak harus melewati sesuatu yang traumatia atau depresi berat. Seseorang yang menjalani hidup dengan berbagai masalah kecil atau konflik maka akan menumpuk dalam sistem otak atau di jantung Anda. Maka menangis menjadi suatu katarsis, suatu pelepasan. Menangis membuat sesuatu yang negatif itu keluar sehingga sistim saraf dan jantung menjadi lega dan nyaman. Kalau tidak maka itu bisa meledakan sistim saraf dan jantung Anda! 

So, air mata itu adalah suatu anugerah, suatu mujizat yang diberikan Tuhan kepada kita manusia.   Air mata emosional adalah ekspresi yang bisa membawa manfaat banyak dalam hidup dibanding ekspresi emosional yang lainnya. 

Ada anggapan tertawa bisa membuat panjang umur. Jangan salah, air mata bisa juga memperpanjang umur loh. Dengan air mata maka stress bisa terurai, mood bisa lebih baik racun bisa keluar. Hm, daripada menahan air mata yang justru berbahaya maka lebih baik diekspresikan. Siap-siap tisu atau saputangan :)

beliefnet/answeringenesis
image:beliefnet


YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements