Sunday, February 19, 2012

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi

Do you want to share?

Do you like this story?

Meski bentuknya kecil, tapi gigi punya peran besar. Karena jika tidak dirawat dengan benar bisa memicu beberapa penyakit. Untuk itu ketahui kebiasaan apa saja yang bisa merusak gigi.

Gigi bisa menjadi jendela kesehatan tubuh seseorang dan sangat sensitif dalam mendeteksi penyakit yang diderita. Misalnya dari bau mulut atau kerusakan mukosa jaringan lunak dan keras di mulut.

1. Tidak menggosok gigi secara teratur

Sikat gigi seharusnya dilakukan secara teratur minimal 2 kali sehari, tapi beberapa orang kadang ada yang malas melakukannya. Kondisi ini akan membuat sisa-sisa makanan menumpuk di gigi atau sela gigi. Jika kebiasaan ini sering ditinggalkan maka akan membentuk plak yang lebih besar dan menimbulkan masalah di gigi.

2. Lupa gosok gigi sebelum tidur

Tanpa disadari sisa makanan yang didiamkan dalam jangka waktu panjang akan mengendap. Semakin menumpuknya endapan plak pada gigi akan membentuk karang gigi yang membuat warnanya jadi tidak cerah.

Jika makanan tersebut mengandung gula dan zat asam, maka zat asam ini sangat jahat untuk gigi. Karena zat asam yang kuat akan mempermudah gigi melemah dan gigi bolong adalah salah satu hasil kejahatan zat asam.

3. Membiarkan gigi berlubang karena malas ke dokter gigi

Beberapa orang kadang menghindari ke dokter gigi karena merasa giginya baik-baik saja atau merasa takut. Padahal meski sudah sikat gigi secara teratur. kadang ada plak yang tersisa dan mengendap.

Studi menunjukan orang yang mengabaikan pergi ke dokter gigi secara teratur akan memiliki gigi berlubang yang lebih banyak dan berisiko lebih tinggi kehilangan giginya.

4. Terlalu manjakan gigi dengan yang manis-manis


Bakteri sangat menyukai karbohidrat sederhana seperti gula, karenanya makan permen atau minum soft drink memberikan bakteri sesuatu untuk dikunyah. Bakteri ini akan membuat plak dan bakteri mencerna gula jadi asam yang bisa merusak gigi.

5. Terlalu keras saat menyikat gigi

Kadang orang beranggapan jika menyikat gigi dengan keras bisa membantu menghilangkan kotoran. Padahal pemikiran ini salah karena justru membuat enamel (pelindung gigi) rusak yang membuat gigi dan gusi jadi lebih sensitif dan mudah berdarah. Untuk menghilangkan kotoran yang diperlukan adalah sikat gigi secara lembut yang menjangkau segala sudut dan intensitasnya.

sumber:http://health.detik.com/read/2012/02/17/122508/1845008/766/1/kebiasaan-kebiasaan-yang-menyiksa-gigi

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements