Sunday, February 05, 2012

Biji Chia, Si Kecil yang Besar Manfaatnya

Do you want to share?

Do you like this story?

Asing mendengar nama makanan ini? Ya, biji chia di tanah air memang belum terlalu populer. Namun, Anda harus mulai meliriknya sebab makanan dari biji-bijian ini kelak akan menjadi salah satu makanan super di dunia.

Biji chia merupakan makanan yang berasal dari Meksiko, Amerika. Awalnya, chia merupakan makanan yang dikonsumsi oleh suku Mayan dan Aztec, yang memuji biji-bijian kecil ini sebagai penambah enerji dan kekuatan.

Biji chia juga biasanya menjadi campuran untuk sereal, pasta, salad buah dan sayuran, hingga dicampur dalam yogurt dan minuman lainnya. Ketika Anda memasukkan chia kedalam air, chia akan menjadi seperti gel, yang dapat mengikat atau mengentalkan makanan.

Biarpun fisiknya kecil, biji chia memiliki manfaat yang sangat besar. Biji chia mengandung omega-3 fatty acid, karbohidrat, protein, serat, antioksidan dan kalsium. Satu sendok penuh biji chia mengandung 60 kalori, 6 gram serat, 3 gram protein dan senuah dosis sehat dari antioksidan, omega-3, kalsium, besi, fosfor, magnesium dan zink.

Bahkan menurut HealthWarrior, 16 ons chia setara dengan:
1. Serat dari 4 pons oatmeal
2. Protein dalam 2 pons tofu
3. Antioksidan dari 2 pons blueberry
4. Omega-3 dari 10 pons ikan salmon
5. Kalsium dalam 4 pons susu
5. Magnesium dalam 15 pons brokoli.

Meskipun penelitian terhadap chia masih relatif sedikit, para pemerhati chia menyarankan untuk menambahkan biji chia dalam makanan Anda karena chia padat nutrisi, meningkatkan enerji dan konsentrasi. Chia juga merupakan makanan yang rendah glikemik dan tinggi serat, yang mampu membantu menstabilkan gula darah Anda dan mencegah makan berlebihan.

Kaya Nutrisi
Fakta paling utama dari chia adalah bijian ini mengandung omega-3 lebih banyak dibandingkan makanan lainnya. Chia juga kaya akan kandungan antioksidan, kalsium, protein, serat dan beberapa jenis vitamin dan mineral.

Sumber Enerji
Tak sekedar memberikan enerji yang cukup, Chia juga memberikan stamina dan daya tahan tubuh bagi para penikmatnya. Kabarnya, satu sendok makan chia mampu mengisi perut tentara Aztec untuk satu hari.

Mengurangi Nafsu Makan
Hal ini disebabkan chia mampu menyerap air dan memiliki serat yang mudah larut dalam level tinggi, dimana mampu melepaskan enerji dari karbohidrat

Mudah Dicerna
Tidak seperti biji rami, biji chia tidak perlu digiling sebelum dikonsumsi. Tubuh manusia dengan sangat mudah akan mencernanya.

Serba Guna
Biji chia boleh Anda bawa untuk dikonsumsi setiap hari. Cukup campurkan chia kedalam minuman favorit Anda, atau tambahkan chia kedalam sereal dan salad.

http://health.ghiboo.com/biji-chia-si-kecil-yang-besar-manfaatnya

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements