Monday, February 13, 2012

Bekerja Berkelompok Dapat Membuat Kinerja Otak Menurun

Do you want to share?

Do you like this story?

Kerja secara berkelompok, seperti melakukan rapat, tak hanya memakan waktu yang lama, namun juga membuat orang-orang menjadi lebih bodoh.

Dalam penelitan yang dilakukan oleh peneliti Virginia Tech, orang-orang yang bekerja dalam kelompok, ternyata memiliki nilai yang rendah saat menghadapi tes kecerdasannya.

Menurut pemimpin penelitian, Read Montague, Hal ini karena ada adanya persaingan di dalam kelompok. Beberapa orang aktif dalam kelompok tersebut ingin terlihat beda dalam hal kekuatan otak, namun tetap ingin menjaga status sosialnya di dalam kelompok itu. Akibatnya, anggota kelompok yang pasif hanya menerima keputusan rapat tanpa ikut serta menyumbangkan ide.

"Anda mungkin mengira ini lelucon, namun penelitian kami menunjukkan bahwa rapat justru membuat otak Anda serasa 'berhenti' berjalan," ungkap Montague, yang dilansir melalui Dailymail, Senin (13/2).

Sebelum menyimpulkan hasil riset ini, peneliti melakukan tes IQ terhadap sekelompok relawan. Hasilnya, wanita lebih terkena dampaknya paling signifikan. Dari 13 relawan, 10 di antaranya menunjukkan kinerja otak atau IQ-nya yang semakin rendah setelah melakukan kerja kelompok.

Tak hanya itu, peneliti juga menggunakan alat scan otak (MRI) untuk mengamati bagaimana respon otak dan menemukan bahwa IQ yang menurun berhubungan dengan emosi dan kecemasan.

sumber:http://health.ghiboo.com/bekerja-berkelompok-bikin-makin-bodoh

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements