Kisah Yue Yue Dan Runtuhnya Empati serta Simpati

ADSENSE HERE!

Yue Yue, yang dalam bahasa China berarti "Little Joy", saat ini tidak bisa lagi menunjukkan kegembiraannya. Anak berumur dua setengah tahun ini masih terbaring dalam keadaan koma dan secara klinis dinyatakan mati otak oleh dokter akibat ditabrak dua kali dan tragisnya dibiarkan begitu saja oleh orang yang berlalu lalang di jalanan. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 13 Oktober di kota Foshan di selatan Guangdong, provinsi terkaya di Cina, dan direkam  oleh kamera CCTV. Belakangan salah seorang sopir mengakui dia sedang menelepon dengan HP-nya saat menabrak anak yang malang itu.

Dalam rekaman menunjukkan Yue Yue gadis dua-setengah-tahun sedang menyeberang jalan dan tiba-tiba ditabrak sebuah mobil van putih besar  yang  menyusuri jalan di sebuah distrik pasar Foshan. Sopirnya tidak menghentikan mobilnya tapi langsung tancap gas. Sekitar enam menit kemudian  ada  mobil lain lewat dan kembali menggilas Yuenyuen. Selama dia tergeletak tak berdaya, setidaknya  ada 18 orang yang berjalan lewat tapi tak seorangpun membantunya. Akhirnya seorang pemulung sampah tua datang membantu membantu memindahkan tubuh anak yang malang itu ke sisi jalan dan memanggil ibunya.

"
Saat saya memungut sampah di pasar saya melihat seorang anak tergeletak di jalan. Saya berjalan terburu-buru untuk gadis itu dan mendengar erangan," kata Chen Xianmei sang pemulung. "Saya mengangkatnya dan melihat bahwa salah satu matanya tertutup, ada air mata di matanya, dan pendarahan dari mulut, hidung dan bagian belakang kepalanya.

"Saya ingin menggendongnya tapi
badannya sangat ringkih dan rapuh jadi saya takut untuk mencoba lagi. Saya akhirnya  menyeretnya ke sisi jalan dan berteriak untuk meminta pertolongan. Tapi tak seorang pun muncul,” ujar Chen yang dikutip di Yangcheng Evening News.

Sikap apatis dari para pengamat dan orang-orang di lingkungan itu telah
menimbulkan reaksi  publik, banyak komentator media dan netizen tentang moralitas dan hati nurani saat ini di Cina.
"Apa yang terjadi dengan moralitas kita?" "Di mana hati kita dari simpati?" "Bagaimana kita pernah bisa menjadi lebih kejam dan keras hati dari hewan berdarah dingin?"

"[Pemikir Cina kuno] Mencius berkata," Inti dari simpati adalah
sangat penting untuk manusia. " Apa yang membuat kita begitu apatis ... Kurangnya simpati adalah bencana moral yang dihadapi kita semua ... Mari kita semua bertanya pada diri sendiri jika kita telah melewati adegan, berapa banyak dari kita akan berhenti untuk membantu gadis itu?? " tulis seorang komentator pada Chongqing Times.

Ada menyalahkan sistem karena kurangnya mekanisme yang mendukung perbuatan baik. 
Banyak orang di China saat ini menjadi ragu-ragu menolong orang karena takut dipersalahkan. Ada insiden sebelumnya  di Tianjin  saat seorang pria mencoba membantu seorang wanita tua yang jatuh di jalan malah dituduh balik oleh wanita itu. Pria itu diajukan ke pengadilan oleh wanita tua itu dan keluarganya dan disuruh membayar kompensasi yang sangat besar.


Tapi ada yang mengometari bahwa tidak fair menyalahkan hukum berkaitan dengan kejadian yang menimpa Yue Yue. "Semua orang jelas melihat gadis itu ditabrak oleh mobil sebanyak dua kali. Tapi orang-orang yang lewat malah membiarkan saja, tidak ada yang menolong walaupun hanya untuk melakukan panggilan darurat. "  Komentator itu melanjutkan,"Pemulung sampah itu telah memberikan pelajaran berharga. Kejadian yang menimpa Yue Yue seharusnya memperkuat moralitas kita."


Satu artikel di China Youth Daily mengatakan bahwa takut  untuk dimintai pertanggungan jawab bukanlah suatu alasan untuk tidak menolong, dan hal ini sekaligus menunjukkan degradasi kemanusiaan dalam masyarakat China. Kasus di Foshan ini tidak berdiri sendiri. Ada kasus-kasus yang lain yang belum lama ini terjadi dan mengundang perhatian para pemerhati sosial.


Pada tanggal 2 September, seorang pria 88 tahun jatuh terkapar dengan wajahnya menghantam  trotoar di Hubei di China Tengah. Tidak ada yang datang membantunya meskipun ia tergeletak  di jalan ramai selama sekitar 90 menit. Pria tua ituakhirnya mati dengan darah keluar dari hidungnya.

Beberapa hari yang lalu di sebuah sekolah tinggi di Changchun di timur laut Cina,
para siswa bermain basket dan berujung pada perkelahian di antara mereka. Salah satu dari mereka menelepon orang tuanya untuk meminta bantuan. Orang tua mereka, orang-orang bisnis lokal kaya, bergegas ke tempat kejadian dengan puluhan orang bersenjata dengan pisau besar. Sang ibu berteriak: "Ayo kita pukul mereka . Setelah itu saya akan bayar untuk perawatan medis mereka.." Salah satu siswa ditikam lebih dari selusin kali dan kemudian meninggal di rumah sakit.

"
Betapa besar kebencian yang dimiliki orang tua terhadap siswa itu. Mengapa mereka menginginkan kematiannya? kata sebuah komentar di Times Chongqing.

Netizens sekarang menyerukan hukum Samaria yang baik yang akan melindungi orang-orang yang ikut campur dalam insiden tersebut dari tuntutan hukum. Tapi undang-undang mungkin tidak cukup.

Wu Zhong, editor China Times Online  menilai bahwa materialime  dan ‘pemujaan kepada uang’  menggerogoti simpati dan empati kebanyakan orang.  Uanglah yang telah menggerogoti simpati orang dan menyebabkan kemerosotan moral dalam masyarakat Cina.

Ketua Partai Chongqing Bo Xilai, berusaha untuk mengembalikan -gaya pendidikan ideologi Mao
 di wilayahnya, sebelumnya mengatakan, "generasi muda kita tampaknya hanya tahu tentang mencari uang, ini akan menempatkan negara kita dalam bahaya.."



Asia Times Online/ Daily Mail
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Komen dong, tapi yang sopan dan tidak spam ya

Arsip Blog

Copyright © Spesial Unik. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design