Wednesday, January 23, 2013

Pria Saudi Ciptakan 'Tas Sekolah Pintar'

Do you want to share?

Do you like this story?


Khalid al Jabal (31 tahun) membuat pendekatan inovatif dalam dunia pendidikan. Pria asal Arab Saudi ini mendesain sebuah sistem menyeluruh dan praktis dalam sebuah 'Smart Bag' atau tas pintar. Ia mengklaim temuannya akan memudahkan para siswa, guru dan orangtua. 

"Smart Bag merupakan bagian dari sistem yang berisi perangkat lunak khusus bagi guru, administrasi sekolah dan program bagi orang tua," kata al Jabal seperti dikutip dari Alarabiya, Senin (21/1). 

Ia melanjutkan, Kementerian Pendidikan mempunyai program sendiri sebagai manajemen sentral. Keseluruhan program tadi terangkum dalam Smart Bag dan sistem elektronik sekolah. 

Smart Bag adalah tas punggung kecil dengan berat 1,5 kilogram. Di dalamnya terdapat komputer tablet. Gadget tersebut berisi program pendidikan dan terkoneksi dengan guru, siswa lain, orangtua dan administrator jaringan. 

"Di rumah, siswa bisa berkomunikasi dengan guru dengan cara mudah. Terdapat forum untuk tiap pelajaran. Forum itu ditujukan agar siswa dan guru bisa berkomunikasi. Jika ada pertanyaan dari siswa, ia bisa bertanya di forum dan saat guru menjawab, semua siswa bisa melihatnya," ujar al Jabal. 

Fitur yang tidak kalah canggih adalah orangtua bisa melacak keberadaan anaknya. Bagian dari sistem Smart Bag membutuhkan setting terlebih dulu dengan gerbang elektronik. Ketika siswa melewati gerbang itu di sekolah, sebuah pesan akan terkirim ke orangtua. Layanan ini merupakan pilihan. 

Dengan sistem ini, orang tua atau pengasuh anak tidak perlu datang ke sekolah karena ada laporan harian yang dikirim. Waktu datang dan pulang anak juga tercatat dalam laporan. Kemajuan akademis dan perilaku anak juga bisa dimonitor. 

Dalam situasi tertentu, misalnya bahaya, ada tombol khusus yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk memperingatkan guru dan orangtua. Temuan Jabal ini telah menarik investor untuk memproduksinya. 

Al Jabal mengatakan materi pelajaran yang dimasukkan dalam komputer tablet bisa mencegah anak-anak membawa buku pelajaran yang berat ke sekolah. Menurutnya, anak-anak bisa membawa buku pelajaran seberat 15-20 kilogram ke sekolah. 

Sebuah sekolah di tempat tinggal al Jabal di Jawf telah setuju membeli 500 Smart Bag dan mengimplementasikan sistem tersebut. Al Jabal berharap banyak sekolah lain di Saudi yang membeli inovasinya.




YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements