Thursday, January 10, 2013

Bumi Kedua Bakal Ditemukan Tahun Ini

Do you want to share?

Do you like this story?

Planet yang benar-benar mirip Bumi diperkirakan bakal ditemukan pada tahun 2013. Penemuan akan membuka mata manusia, membuat manusia berpikir kembali akan keistimewaan Bumi.

"Saya sangat yakin bahwa kembaran Bumi pertama akan ditemukan tahun depan (2013-red)," kata Abel Mendez, astronom yang menjalankan Planetrary Habitability Laboratory di University of Puerto Rico di Arecibo, seperti dikutip Space, Kamis (27/12/2012).

Astronom menemukan eksoplanet pertama kali pada tahun 1995. Sejak saat itu, telah ditemukan 800 eksoplanet. Sementara itu, wahana antariksa Kepler telah menemukan 2.300-an kandidat eksoplanet yang siap dikonfirmasi kelayakan huninya.

Tahun 2012, banyak planet yang dinyatakan layak huni ditemukan. Desember lalu, astronom mengonfirmasi planet Kepler 22b. Astronom juga menemukan planet layak huni yang mengorbit bintang bernama Tau Ceti, berjarak 12 tahun cahaya dari Bumi.

Dari banyak planet diduga layak huni ditemukan, banyak yang ukuran, massa, gravitasi ataupun penyusunnya sama seperti Bumi. Planet yang mengorbit Tau Ceti misalnya, belum diketahui apakah merupakan planet batuan atau gas.

Meski demikian, astronom yakin bahwa Bumi tidak istimewa. "Planet pertama dengan ukuran, orbit, danincident stellar flux sesuai dengan kehidupan kemungkinan akan ditemukan pada tahun 2013," papar Geoff Marcy, astronom dari University of California, Berkeley.

Wahana Kepler diperkirakan akan sangat berperan dalam penemuan kembaran Bumi. Selain itu, ada juga instrumen High Accuracy Radial velocity Planet Searchern (HARPS) di European Southern Observatory di Cile yang juga berperan.



YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements