Sunday, December 16, 2012

12 Fakta Unik Tentang Doraemon

Do you want to share?

Do you like this story?

Berikut adalah 12 Fakta Unik Tentang Robot Kucing, Doraemon.

1. Tahukah kamu arti dari “Doraemon”?

Nama Doraemon berasal dari 2 kata: Dora dan Emon.
Dora adalah semacam plesetan dari “Nora” yang berasal dari “Nora-Neko” yakni stray cat.
Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama dari manusia atau binatang yg berjenis kelamin laki-laki, misalnya Ishikawa Goemon.
Secara harafiah, nama Doraemon bisa diartikan “Stray male cat” (kucing liar jantan). Dora sebenarnya bisa juga berarti “gong” (inilah “dora” yg dipakai dalam nama kue dorayaki). Meski bukan itu “dora” yg dipakai di nama Doraemon, namun ini menjadi semacam plesetan, di mana tubuh Doraemon memang bundar-bundar seperti gong.

2. Doraemon memiliki kode produksi, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot, & dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot di mana ia diproduksi. Nama ini disebutkan dalam episode ulang tahun Doraemon tahun 2007.

3. Tanggal 3 September 2112 adalah tanggal di mana Doraemon selesai diproduksi.

4. Angka keberuntungan dari Doraemon adalah 1293. Doraemon memiliki berat 129,3 kg (285 lbs) & tingginya 129,3 cm (4’3 “). Ia bisa berlari sampai 129,3 km / jam (80,3 mph) ketakutan & melompat 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya.
Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm.
lingkar kepalanya & lingkar da&ya adalah 129,3 cm. Kakinya berdiameter 129,3 mm. Ia diproduksi pada September 3, 2112 (lagi-lagi 12/9/3), di Pabrik Robot Matsushiba.

5. Mantan pacar Doraemon di abad 22 adalah Noramyako. Ini disebutkan di Bonus Data-Data Doraemon di Tankoubon volume 11. Noramyako memutuskan Doraemon gara-gara Doraemon dirasa terlalu pendek untuknya (setelah kupingnya putus digigit tikus).
[caption width="300" align="alignnone"]Mantan pacar Doraemon Mantan pacar Doraemon[/caption]
6. Warna cat asli Doraemon adalah kuning. Setelah tahu bahwa telinganya digigit tikus, doraemon dalam depresi, menyelinap ke atas menara, di mana ia minum ramuan berlabel “kesedihan”. Ketika ia menangis, warna kuningnya luntur & suaranya berubah karena ramuan tsb. Doraemon pandai bahasa Inggris karena paham istilah bahasa Inggris “In Blue” yang artinya “sedang sedih”
[caption width="271" align="alignnone"]Warna cat asli Doraemon adalah kuning Warna cat asli Doraemon adalah kuning[/caption]
7. Doraemon ternyata sekolah. Menurut serial spin-off dari Doraemon “The Doraemons”, nama sekolah dari Doraemon sederhana saja, yakni Robot School

8. Tokoh Pak Guru yg sebenarnya sangat mencemaskan Nobita sebenarnya dari awal tidak mempunyai nama & hanya disebut Sensei aja. Namun, pada versi yg diputar di Nihon Television, ia diberi nama asli “Ganari”

9. Doraemon dan Dorami disebut sebagai kakak beradik karena ternyata mereka berdua “dilahirkan” dari satu tangki minyak yang sama. Dan “Doraemon” lahir lebih dahulu dari Dorami (2 tahun lebih tua), sehingga ia disebut “kakak”, kemudian Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi setelah Doraemon, sehingga ia disebut “adik.”

10. Menurut data, Dorami lebih hebat dari Doraemon. Dorami mampu menghasilkan energi sebesar 10000 tenaga kuda, silakan bandingkan dengan Doraemon yang hanya bisa mengeluarkan sebesar 129.3 tenaga kuda (angka hokinya Doraemon )

11. Dorami sebenarnya tidak langsung muncul dalam keluarga Nobita, namun di keluarga cicit-cicitnya Nobita di abad 22 yakni Sewashi. Dorami dibeli untuk menggantikan Doraemon, yang dikirim untuk menemani Nobita. Yang memiliki Dorami adalah Sewashi dan yang mengirim Dorami (dan Doraemon) juga Sewashi. Dorami biasanya dikirim untuk menggantikan tugas Doraemon menjaga Nobita apabila Doraemon sedang dalam urusan penting sehingga ia tidak bisa menemani Nobita, misalnya saat ia harus di-tune up di pabrik.

12. Doraemon takut sama tikus karena trauma sebab kuping robotnya digerigiti robot tikus juga saat ia tidur siang
[caption width="303" align="alignnone"]Doraemon takut sama tikus Doraemon takut sama tikus[/caption]
Sumber: J-CUL

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements