Sunday, February 05, 2012

Tingkatkan Konsentrasi Kerja Tanpa Kafein

Do you want to share?

Do you like this story?


Mengantuk dan lesu pada siang hari memang bisa mengganggu konsentrasi pada pekerjaan Anda, dan mungkin bisa membuat Anda terlihat sangat pemalas di mata bos Anda.

Terlebih lagi pada jam-jam rawan setelah makan siang, tingkat energi mengalami penurunan. Ternyata kantuk itu bisa sedikit dikendalikan dengan meneguk secangkir kopi atau mengonsumsi makanan manis.

Keduanya memang bisa membangkitkan energi secara cepat, namun beberapa jam kemudian tubuh akan merasa sangat lelah, mengantuk dan menurunkan tingkat konsentrasi. Menurut para ahli, pemicu rasa kantuk dan lelah pada sore hari adalah hipotalamus, yaitu bagian otak yang mengatur fungsi vital seperti denyut jantung, produksi hormon dan tekanan darah.

Terdapat hubungan langsung antara temperatur tubuh dengan kontrol hipotalamus. Ketika suhu tubuh menurun, maka kemampuan mental dan kognitif juga mengalami penurunan.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kantuk dan meningkatkan konsentrasi Anda tanpa perlu mengonsumsi kafein dan makanan manis, seperti yang dilansir melalui Medicmagic.com.

Tidur cukup
Seringnya melakukan aktivitas super sibuk dapat membuat Anda kurang istirahat. Kombinasi kecenderungan biologis jam kurang tidur dapat menyebabkan konsentrasi menurun secara drastis pada sore hari. Usahakan untuk selalu cukup tidur, karena saat tidur sel-sel otak juga melakukan proses perbaikan. Sehingga sangat penting untuk mempertahankan konsentrasi.

Sarapan
Menurut Elizabeth Somer, ahli diet dan penulis buku 'Food & Mood: The Complete Guide to Eating Well and Feeling Your Best', sembilan dari 10 orang yang tidak sarapan mengaku merasa lebih lelah dan susah berkonsentrasi pada sore hari. Jadi, usahakan untuk memulai semua aktivitas Anda dengan sarapan, karena sarapan merupakan sumber energi dan membantu mempertahankan konsentrasi.

Jalan Setelah Makan Siang
Aktivitas fisik adalah sumber energi. Setelah makan siang, tak ada salahnya jika Anda berjalan-jalan di sekitar kantor. Terpapar sinar matahari dapat meningkatkan konsentrasi Anda.

Sinkronisasi Pekerjaan dengan Level Energi
Hal terbaik untuk melakukan pekerjaan sulit dan memerlukan konsentrasi tinggi adalah di waktu pagi hari, karena tingkat energi dan konsentrasi masih tinggi.

"Jika memungkinkan, cobalah sesuatu yang merangsang kreativitas dan menarik, tapi tidak menguras energi pada sore hari," ungkap Thomas Lauda, PhD.

sumber:http://health.ghiboo.com/tingkatkan-konsentrasi-kerja-tanpa-kafein

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements