Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Berolah Raga

ADSENSE HERE!
Banyak orang yang memilih tempat gym untuk berolahraga karena dianggap memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk tempat khusus untuk sauna dan mandi air panas. Sayangnya, mandi air panas setelah berolahraga bukanlah pilihan yang baik.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin dianggap dapat mengurangi nyeri otot usai berolahraga. Temuan ini turut membantah beberapa pendapat ilmuwan yang mengatakan mandi air dingin justru menegangkan otot-otot tubuh dan dianggap berbahaya.

Untuk membuktikannya, peneliti meninjau secara klinis 17 uji coba mandi dengan air dingin yang melibatkan 366 orang. Dalam penelitian, peneliti mengamati apakah mandi dengan air dingin dapat mengistirahatkan otot atau justru sebaliknya.

Dalam penelitian tersebut, peserta diminta untuk mandi atau berendam di dalam bak air dingin setelah mereka diminta untuk melakukan olahraga. Rata-rata peserta menghabiskan lima sampai 24 menit dalam air bersuhu 50-54 derajat fahrenheit. Namun dalam beberapa kasus, partisipan diminta untuk masuk dan keluar dari air pada waktu yang ditentukan.

"Kami menemukan beberapa bukti bahwa mandi dengan air dingin setelah berolahraga dapat mengurangi rasa nyeri otot, tapi hanya dibandingkan dengan mengistirahatkan otot saja atau tidak melakukan apa-apa," papar pimpinan penelitian, Dr Chris Bleakley dari University of Ulster, dilansir melalui BBC, Kamis (16/2).

Meskipun begitu, peneliti masih belum menemukan efek samping jika seseorang mandi air dingin terus menerus dalam jangka waktu panjang.

"Sangat penting untuk mempertimbangkan bahwa berendam di air dingin dapat mengejutkan suhu tubuh. Kami perlu memastikan bahwa orang tidak melakukan hal yang berbahaya, terutama jika mereka terekspos air yang sangat dingin dalam waktu lama," tambahnya.

sumber:http://health.ghiboo.com/manfaat-mandi-air-dingin-setelah-olahraga
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Komen dong, tapi yang sopan dan tidak spam ya

Arsip Blog

Copyright © Spesial Unik. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design