Monday, February 27, 2012

Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak

Do you want to share?

Do you like this story?


Hingga kini, masyarakat lebih mengetahui manfaat dan mengonsumsi buah sirsak. Padahal beberapa penelitian menunjukkan khasiat yang luar biasa dari daun sirsak.

Ya, daun sirsak telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Biar Anda tahu, berikut ini manfaat yang akan Anda rasakan dari pengonsumsian daun sirsak.

Turunkan Demam
Meskipun masih jarang digunakan di Indonesia, ternyata daun sirsak sudah lama digunakan di beberapa negara, termasuk Haiti, Jamaika dan Hindia Barat sebagai obat demam. Menurut Raintree Nutrition's Tropical Plant Database, daging dan daun sirsak yang dijadikan jus dipercaya membantu menurunkan suhu tubuh. Bahkan dalam budaya Peru, teh yang terbuat dari daun sirsak mampu meredakan peradangan selaput lendir (mucous membrane) karena asma.

Atasi Gangguan Pencernaan
Di Amerika Selatan dan Karibia, daging buah sirsak yang sudah masak menjadi obat untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan, seperti diare dan disentri. Mengonsumsi daun sirsak juga dipercaya dapat membunuh parasit, cacing pita dan racun berbahaya bagi tubuh.

Antidepresi
Beberapa ahli herbal percaya bahwa kandungan alkaloid dalam daun sirsak dapat membantu mengurangi depresi. Alkolid bertanggung jawab menghambat pengambilan serotonin dalam otak, yang mengendalikan suasana hati dan emosi, seperti kebahagiaan dan kesedihan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa alkaloid sebenarnya bisa merusak sistem saraf dan dikaitkan dengan perkembangan penyakit parkinson.

Obat Penenang
Masyarakat Amerika Selatan dan Karibia menggunakan campuran daun, batang dan akar sirsak sebagai obat penenang. Tanaman ini juga bisa mengobati masalah jantung. Namun, manfaat dan efek sampingnya masih belum didukung dengan hasil penelitian.

Antikanker
Ada kabar baik bagi penderita kanker atau tumor. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika dan Jepang, menunjukkan manfaat yang luar biasa dari daun sirsak dalam pencegahan dan penyembuhan kanker. Untuk pencegahan, disarankan untuk makan atau minum jus daun sirsak setiap hari.

Sementara untuk penyembuhan, bisa dengan merebus 10 lembar daun sirsak tua ke dalam tiga gelas air mendidih. Berikan satu gelas bagi penderita kanker atau tumor sebanyak dua kali dalam sehari. Setelah diminum, tubuh akan berasa hangat, dimana efeknya menyamai kemoterapi. Daun sirsak membunuh sel-sel yang tumbuh tidak normal dan membiarkan sel-sel tumbuh secara normal, berbeda dengan kemoterapi yang membunuh semua sel.

Penurun Tekanan Darah
Beberapa penelitian yang dilakukan dengan menggunakan tikus menunjukkan bahwa daun dan kulit batang pohon sirsak berkhasiat menurunkan hipertensi, vasodilator (pelebaran pembuluh darah), relaksan otot polos dan aktivitas cardiodepressant (menekan aktivitas jantung).

First Aid

Daun sirsak juga bisa diberikan sebagai pertolongan pertama saat Anda memiliki luka. Rebuasan air daun sirsak juga bisa digunakan sebagai kompres untuk mengobati berbagai radang dan kaki bengkak. Selain itu, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengatur sistem saraf dan terbukti efektif untuk mengobati insomnia.
sumber:http://health.ghiboo.com/ketahui-khasiat-luar-biasa-daun-sirsak

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements