Sunday, February 05, 2012

Makanan Ini Bantu Atasi Bad Mood

Do you want to share?

Do you like this story?

Berbagai masalah yang dihadapi, tentu saja berdampak pada suasana hati yang menjadi berantakan. Mood yang buruk akan mempengaruhi aktivitas Anda seharian.

Lantas, apa yang Anda lakukan saat mengalami mood yang kacau? Kebanyakan pasti menjawab makan. Ya, Anda bisa memperbaikinya melalui makanan yang sehat. Selain bisa memuaskan rasa lapar, makanan juga bisa membantu memperbaiki mood yang tiba-tiba anjlok.

Namun, perlu diingat tak semua makanan dapat membuat mood kita lebih baik. Mengasup makanan yang salah justru bisa membuat Anda tidak bersemangat dan mudah tersinggung.

Biar Anda tak salah pilih, cobalah 5 makanan ini untuk menaikkan mood Anda kembali, seperti yang dilansir melalui Medicmagic, Kamis (5/1).

Minyak Ikan
Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan terkenal bagus bagi kesehatan jantung. Tak hanya itu, minyak ikan juga baik bagi kesehatan otak dan mood Anda. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti University of Pittsburgh School of Medicine menemukan bahwa partisipan yang memiliki level asam lemak omega-3 yang rendah dalam darah lebih cenderung mudah stres dan memiliki pandangan negatif.

Cokelat
Banyak orang yang mencoba mengatasi bad mood dengan makan cokelat. Penelitian menunjukkan bahwa cokelat mengandung banyak bahan kimia yang dapat mengatasi perasaan sedih, termasuk magnesium yang membuat rileks, anandamide yang menenangkan, dan phenylethylamine yang membantu Anda merasa lebih baik.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, cobalah makan coklat yang dicelupkan dengan selai strawberi. Hal ini dikarenakan strawberi tak hanya merupakan sumber vitamin C, namun juga mengandung flavonoid yang baik untuk meningkatkan mood.

Marmite
Jika Anda merasa cemas, stres, atau depresi, mengkonsumsi vitamin B bisa membantu untuk mengobati perasaan Anda. Vitamin B mempunyai peran penting untuk fungsi otak normal dan memproduksi serotonin yang meningkatkan mood. Secara khusus adalah vitamin B12 dan B6 yang bermanfaat untuk mengatur mood. Cobalah mengkonsumsi marmite yang kaya vitamin B dan cocok untuk para vegan maupun vegetarian.

Pisang
Buah pisang adalah sumber makanan yang kaya gula alami dan bisa meningkatkan energi. Pisang merupakan sumber yang bagus untuk tryptophan, asam amino esensial yang bisa meningkatkan level serotonin, yang membantu mengatur mood Anda. Pisang juga kaya magnesium yang membantu Anda untuk rileks dan vitamin B6 yang membantu untuk mengatasi depresi.

Kacang-kacangan
Walnut atau kacang-kacangan adalah makanan yang bagus untuk meningkatkan mood karena merupakan kombinasi dari asam lemak omega-3, vitamin B, dan tryptophan. Kacang ini bagus sebagai sumber asam folat (vitamin B9) yang dapat mengurangi depresi.

sumber:http://health.ghiboo.com/makanan-ini-bantu-atasi-bad-mood

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comment:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements