Glenn Cunningham : Never Quit

ADSENSE HERE!

Glenn V. Cunningham ( 4 Agustus , 1909 – 10 Maret, 1988) adalah seorang pelari Amerika jarak menengah yang terkenal dan seorang atlit yang dianggap 'miler' (pelari 1 mil)  terbesar Amerika sepanjang masa. Dia menerima penghargaan James Sullivan Award sebagai atlit top amatir di Amerika Serikat pada tahun 1933.

Lahir di Kansas, Glenn memiliki julukan  "Kansas Flyer", "Elkhart Express" dan " Kuda Besi dari Kansas". Julukan yang luar biasa mengingat kondisinya sebenarnya yang tidak biasa. Pada usia tujuh tahun, kaki Glenn Cunningham terbakar sangat parah dalam ledakan dan kebakaran yang menewaskan kakaknya. Dokter keluarga mengatakan dia mungkin tidak akan pernah berjalan lagi. Namun, setelah 22 bulan melelahkan, Glenn berjalan untuk pertama kalinya. Dua belas tahun kemudian, di Elkhart,Kansas, ia berlari dengan kaki yang sakit dan terluka untuk mencatat rekor dunia sekolah menengah atas dalam jarak 1 mil (4:27.7). 

Sepanjang hidupnya dia harus mengurut kakinya dan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk latihan pemanasan demi menjaga sirkulasi darah. Dengan kata lain dia tidak pernah berlari dengan mulus dan efisien seperti atlit normal lainnya tapi dia mengkompensasikannya dengan ketekunan dan kekuatan. Dia tidak pernah menyerah. 


Tiga tahun kemudian saat masuk Kansas University, Glenn membuat rekor perguruan tinggi nasional di lomba satu mil. Pada tahun 1934, dua tahun setelah rekor nasional, ia mencatat rekor dunia di jarak 1 mil, rekor yang bertahan selama empat tahun. Lalu ia memenangkan Medali Perak di Olimpiade 1936 di Berlin. Bahkan saat ia bekerja dan memperoleh gelar doktor dalam pendidikan, ia terus mengikutikompetisi, mencatat rekordalam ruangan di tahun 1938 dengan waktu 4:04.4.
Pada tahun 1979, ia terpilih oleh New York City Madison Square Garden sebagai "The Outstanding Track Performer of the Century ". Dia memenangkan 21 perlombaan dan mencatat tujuh rekor dunia di MSG.

Setelah karir Glenn berakhir, ia dan istrinya Ruth menjalankan  pelayanan ‘the Cunningham Youth Ranch’ selama lebih dari 30 tahun. Sebagai orang Kristen yang berdedikasi, Glenn dan Ruth memberikan arah, untuk memiliki iman pada Tuhan dan untuk "tidak pernah berhenti."

Kisah Glenn  telah dirayakan dalam otobiografinya, Never Quit (Ditulis bersama dengan George X. Sand), dan buku Dr. Paul Kiell, 'American Miler: The Life and Times of Glenn Cunningham'.

Berikut adalah wawancara antara Glenn Cunningham dan penulis laris Darryl Hicks selama 1981 yang diedit kembali oleh penulis.

Kami bersekolah di sebuah sekolah kecil dua mil dari rumah kami. Hari itu 9 Februari 1917 dan ada salju di tanah. Seperti biasa saya dan kakakku Floyd 13 tahun, adik berusia 11 tahun Letha, dan Raymond 9 tahun pergi ke Sekolah.

Di sekolah Floyd menempatkan kayu di dalam tungku besar untuk memenaskan ruangan, sementara Raymond dan saya pergi ke papan tulis untuk bermain game dan menggambar.
Saat dia mengambil galon yang berisi minyak tanah yang ada  di dekatnya dan mulai menuangkan ke dalam kompor, tiba-tiba semuanya meledak. 


Tampaknya seseorang telah mengisi gallon itu dengan bensin. Ketika ia menuangkan bensin pada bara api, kami berdua langsung diselimuti dalam api. Kami terjebak di dalam, menghirup semua asap. Syukurlah Letha mendengar ledakan dan melihat api dan asap di dalam jendela, dan
ia berlari untuk menarik pintu samping terbuka.

Dokter mengatakan bahwa tidak ada harapan untuk Floyd. Ia terbakar terlalu parah. Dokter mengatakan kepada orang tua saya, "Jika infeksi itu terlalu buruk, "katanya kepada Ibu dan Ayah," kita tidak akan punya pilihan lain selain mengamputasi. Apapun, Glenn tidak akan pernah dapat berjalan lagi dengan kakinya. Kakinya terbakar terlalu parah. "

Floyd keadaanya semakin memburuk. Dia tidak berbicara sama sekali. Kemudian sekitar tengah malam setiap malam, dia mulai bersenandung melodi himne lama, " God Be with You Till We Meet Again ". Kami menghadiri kebangunan rohani gereja. Bahkan, saya  telah menjadi Kristen di salah satu rumah persekutuan. Saya ingat itu lagu favorit Floyd. Beberapa hari kemudian, ia bersenandung, , kata-kata yang sebenarnya pertama saya dengar sejak ledakan. Dia menyelesaikan baris terakhir dengan terbata-bata, "Bertemu ... bertemu ... di kaki Yesus," lalu ia mengambil tangan Ibu dan menaruhnya di wajahnya. Dia meninggal sembilan hari setelah kebakaran....

Infeksi mulai menyebar melalui kaki saya. Dokter menyarankan amputasi. Meskipun mereka tidak berada di ruangan tempat aku terbaring, aku ingat dengan jelas setiap kata –katanya kepada Ibu, "Anda akan menghadapinya. Glenn akan menjadi cacat seumur hidupnya. " Saya pikir itu pada saat itu bahwa saya membuat salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya.
Ketika Ibu datang kembali, aku mengatakan ,”TIDAK  akan menjadi cacat!Wanita itu salah."Syukurlah! Ibu melakukan sesuatu yang saya akan selalu bersyukur atas. Dia menciumku dan berkata, "Aku tahu, Glenn. Dia salah. "Saya ingat pernah mengatakan berulang kali," Saya akan berjalan!
Saya  akan berjalan! "

Saya telah kehilangan semua daging di lutut dan tulang kering, serta semua jari-jari kaki pada kaki kiri saya. Lengkung transversal saya sebagian besar hilang. Namun keluarga saya terus merawat saya dengan memijat kaki saya. Bahkan setelah saya bisa berdiri, memegang dengan baik tempat tidur atau
kursi, anak tetangga berkata, "Ah, Anda tidak akan pernah berjalan lagi!" Tapi, saat itu saya tahu bahwa itu tidak akan menghentikan saya.

Malam Natal 1917, Glenn memberi ibunya hadiah Natal dengan mengambil langkah pertama
tanpa memegang apa-apa. Tetangga dan anggota keluarga mengatakan bahwa Glenn
 berjalan miring. Dia masih tidak bisa meluruskan kaki kanannya. Setiap langkah adalah "seperti belati," tapi dia tidak pernah berhenti berusaha. Lalu ketika dia berumur 12, setelah Cunningham pindah dekat Elkhart, ia meraih kemenangan dalam perlombaan lari mil di trek dan lapangan sekolah.


Saya muncul  di trek dengan celana kerja yang dan tebal bersol sepatu kanvas. Saya
adalah anak kelas empat, dan sebagian besar lainnya atlet sekolah tinggi. Semua dari mereka mengenakan celana pendek lari dan sepatu lari berduri.
Saya  pasti terlihat seperti David berbaris melawan semua raksasa, tapi pasti akan menang! Dan Glenn membuktikannya.


Selama bertahun-tahun, Glenn menghabiskan banyak waktu melalui ritual melelahkan melakukan pemanasan dan memijat kaki bekas lukanya tetapi Glenn tampaknya tidak pernah menyebutkan kekakuan dan nyeri kaki yang membakarnya dalam setiap wawancara selama dia mengikuti pertandingan. 

Ibu saya dan Ayah selalu mengajak kami untuk  tidak pernah mengeluh. Saya diminta untuk melakukan
banyak pidato selama bertahun-tahun, dan saya sering berbicara tentang mengatasi tantangan, tapi saya hanya selalu berpikir bahwa saya harus melakukan yang terbaik dan tidak pernah berhenti.

Selama hidupnya Glenn sering berkata, "Aku lebih suka mati daripada menjadi biasa-biasa saja." Dalam kehidupan, ia ingin menjadi yang terbaik, meskipun dia tahu kegagalan tersebut sebagai penting untuk
sukses sebagai pemenang. Dia mencontohkan kebutuhan untuk menang jujur, bertujuan tinggi,
mengejar kebahagiaan dan tidak pernah berhenti.

Glenn sebenarnya bisa menggunakan ketenaran dan kelebihannya untuk meraih banyak uang tapi dia tidak melakukannya. Dia justru mendanai pelayanan bagi anak muda  yang dia lakukan seumur hidupnya dan juga penjadi pengkhotbah. Ayat favoritnya adalah Yesaya 40:31 “tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” 

Isaiah 40:31""But those who wait on the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings like eagles, they shall run and not be weary, they shall walk and not faint."

sumber : http://www.mybestyears.com/InterviewSpotlights/CUNNINGHAMGlenn, Wikipedia, dll.


 


ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Komen dong, tapi yang sopan dan tidak spam ya

Copyright © Spesial Unik. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design